View Full Version
Jum'at, 29 May 2015

Aktivis Pro-Palestina Desak FIFA Usir Israel dari Turnamen Sepak Bola Dunia

ZURICH, SWISS (voa-islam.com) - Para aktivis pro-Palestina telah menggelar unjuk rasa di kota Swiss dari Zurich mendesak badan sepakbola dunia, FIFA, untuk mengusir Israel dari turnamen sepak bola dunia.

Pada hari Kamis (28/5/2015), para pengunjuk rasa berkumpul di luar tempat untuk Kongres FIFA ke-65, melambaikan spanduk dan bendera pro-Palestina, dan meneriakkan, "Kami ingin keadilan! Kami ingin kebebasan!" dan "Bebaskan, Bebaskan Palestina!" ketika para delegasi muncul untuk acara tersebut.

"Kami berkumpul di sini hari ini untuk menyerukan pengusiran Israel dari FIFA, karena kebijakan Zionis dan rasis Israel terhadap rakyat Palestina," seorang demonstran pro-Palestina, yang diidentifikasi hanya dengan nama depannya, Ahmed, mengatakan.

Dia menambahkan, "Kami ingin kebebasan untuk Palestina. Kami ingin tentara Israel keluar. Kami ingin mereka menghentikan pembangunan pemukiman di Palestina, dan kami ingin mereka menyingkirkan tembok pemisah rasis di Yerusalem (Al-Quds), dan kami ingin semua pengungsi Palestina untuk dapat kembali ke Palestina. "

Presiden Federasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub juga mengatakan, "protes ini menunjukkan bahwa dunia sudah muak dengan sikap nakal Israel terhadap hukum internasional, hukum FIFA, dan hukum hak asasi manusia. Saya berharap bahwa FIFA akan menyadari betapa para atlet Palestina menderita, dan saya berharap FIFA akan membantu mereka untuk mencapai hak-hak mereka untuk memainkan permainan ini, mengembangkannya, dan mempromosikannya. "

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah sesumbar bahwa jika orang-orang FIFA hari Jum'at mendukung gerakan Palestina untuk mengeluarkan Israel dari badan sepakbola dunia tersebut, keputusan itu pada akhirnya akan "menghancurkan" organisasi tersebut.

"Upaya untuk menyakiti Israel secara politik akan menghancurkan FIFA, karena itu akan mulai dengan Israel ... dan kemudian berikutnya," katanya, Kamis.

Israel lolos ke Piala Dunia FIFA hanya sampai saat sebagai tim Asia pada tahun 1970. Empat tahun kemudian, tim sepak bola Israel diusir dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan skuad mereka sekarang berkompetisi di pertandingan sepak bola internasional sebagai anggota dari Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). (st/ptv)


latestnews

View Full Version