View Full Version
Ahad, 07 Jun 2015

Taliban Afghanistan Rebut 12 Pos Keamanan di Distrik Gizab Uruzgan

URUZGAN, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Para pejabat mengatakan bahwa Taliban telah merebut 12 pos keamanan setelah bentrokan sengit dengan pasukan keamanan di distrik Gizab di pusat provinsi Uruzgan, Khaama Press melaporkan Ahad (7/6/2015).

Haji Abdullah Khan, kepala distrik Gizab mengatakan setelah sekitar dua pekan bentrokan hebat Taliban merebut 12 pos keamanan dari pasukan keamanan dan sekarang mereka menuju pusat distrik.

Dia mengatakan bahwa Taliban saat ini berjarak sekitar dua kilometer dari pusat distrik tersebut.

Khan menambahkan bahwa pasukan keamanan di Gizab telah dikalahkan oleh Taliban dan jika mereka tidak menerima dukungan langsung distrik itu bisa jatuh ke tangan Taliban.

Sementara itu wakil kepala polisi provinsi Uruzgan Kolonel Rahimullah Khan  mengatakan bahwa pasukan keamanan telah melakukan pergerakan taktis dari beberapa poin.

Dia mengatakan bahwa karena penutupan jalan menuju distrik Gizab mereka telah meminta angkatan udara dan pasukan khusus untuk membantu dalam situasi tersebut.

Pertempuran berlanjut pada saat laporan ini diajukan.

Mujahidin Taliban Afghanistan pada akhir April lalu mengumumkan "ofensif musim semi" tahunan mereka dengan sandi operasi "Azm" yang dimulai pada Jum'at. Para pejuang Taliban bersumpah melakukan serangan secara nasional yang diperkirakan menjadi pertempuran paling berdarah dalam satu dekade, ketika pasukan NATO sebagian dari garis Afghanistan.

Sasaran utama dari operasi tersebut adalah para penjajah asing, khususnya pangkalan-pangkalan militer permanen mereka, kedutaan asing, para pejabat antek-antek rezim, kumpulan militer mereka, terutama intelijen, kementerian dalam negeri dan pejabat kementerian pertahanan. (st/kp)


latestnews

View Full Version