View Full Version
Selasa, 28 Jul 2015

Menlu Liga Arab Akan Bertemu di Kairo Bahas Penyerangan Masjid Al-Aqsa oleh Polisi Zionis Yahudi

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Para menteri luar negeri Liga Arab akan bertemu di Kairo awal bulan depan untuk membahas bentrokan yang melibatkan polisi Zionis Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, seorang pejabat senior Palestina, mengatakan hari Senin (27/7/2015) sebagaimana dilansir Associated Press.

Insiden hari Ahad melihat polisi Zionis Yahudi menyerbu masjid, salah satu situs suci Islam, memicu bentrok dengan warga Palestina yang marah dengan akses bagi para ekstrimis Yahudi ke komplek itu pada sebuah hari berkabung tahunan Yahudi.

Kepala negosiator Palestina Saeb Erakat mengatakan kepada wartawan bahwa menteri luar negeri dari 15 negara-negara Arab akan bertemu pada tanggal 5 Agustus untuk membahas "perkembangan berbahaya" di Yerusalem. Mereka akan membahas "eskalasi Israel di Masjid Al-Aqsa, pembangunan pemukiman ilegal Yahudi yang terus berlanjut, penangkapan ekstra-yudisial dan pembunuhan dan pemindahan paksa" warga Palestina, katanya setelah bertemu kepala liga Nabil Elaraby. Erakat mengatakan pertemuan itu telah diserukan oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

15 menteri mewakili negara-negara Arab terlibat dalam Inisiatif Perdamaian Arab tahun yang menyerukan penarikan mundur Zionis Yahudi dari wilayah Palestina sebagai pertukaran untuk normalisasi penuh hubungan dengan dunia Arab.

Pembicaraan damai telah koma sejak upaya diplomatik AS yang gagal April lalu, dan perang Gaza musim panas lalu menewaskan sekitar 2.200 warga Palestina.

Pertemuan juga akan membahas upaya rekonsiliasi Palestina dan upaya baru untuk mengakhiri pendudukan Zionis Israel melalui PBB, kata Erakat. (st/AP)


latestnews

View Full Version