View Full Version
Senin, 03 Aug 2015

Pengamat: Islam Perlahan Menguat di Rusia, dan Terbesar di Eropa

RUSIA (voa-islam.com)- Analisis Politik Rusia Alexei Malashenko mengatakan bahwa populasi umat Islam di Rusia kini telah mencapai lebih dari 1,5 juta. Hal ini tentu terbesar untuk di daratan Eropa saat ini.

Ia mengatakan, secara perlahan masyarakat Moscow, Rusia mulai beradaptasi untuk menjadi kota muslim di Eropa. Dengan begitu umat Muslim Moscow juga mulai beradaptasi dengan keadaan tersebut. Demikian seperti yang diberitakan oleh Republika hari ini (02/08/2015).

Baru-baru ini sebanyak 180 ribu umat muslim memadati lima masjid di tiga lokasi untuk merayakan akhir dari bulan suci Ramadhan. Ini menunjukan perkembangan yang baik bagi umat muslim di Eropa khususnya di Rusia.

Hal lain yang terjadi seputar umat Muslim di Rusia adalah berkumpulnya ribuan umat muslim di Moskow pada hari sabtu untuk melafadzkan takbir bersama-sama. Ditambah lagi, semenjak kehadiran Muslim Moskow, beberapa penduduk Rusia mulai mengenal Islam dan kembali mengikuti ajaran Islam.

"Saya mendengar banyak pujian tentang bagaimana saya berpakaian dan betapa indah terlihat," kata Anastasiya Korchagina, seorang wanita muslim Rusia yang mengubah nama pertamanya menjadi Aisha setelah kembali memeluk Islam lima tahun yang lalu.

Tampaknya Muslim Moscow mulai dapat menyesuaikan diri dengan baik dalam pergaulan masyarakat Rusia. Terbukti dengan berlangsungnya acara-acara besar umat Muslim dengan skala cukup besar. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version