View Full Version
Selasa, 04 Aug 2015

Pasukan Pro-Hadi Rebut Pangkalan Udara Terbesar Yaman dari Pemberontak Syi'ah Houtsi

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan loyalis Abdu Rabbu Mansour Hadi merebut kembali pangkalan udara terbesar Yaman dari pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran hari Selasa (4/8/2015) setelah serangan 24 jam menggunakan kendaraan berat lapis baja yang disediakan oleh koalisi yang dipimpin Saudi, kata kementerian pertahanan.

Sebuah pernyataan kementerian memuji kemenangan itu dan berjanji bahwa pasukan loyalis akan menekan perlawanan balik mereka terhadap pemberontak Syi'ah Houtsi dan sekutunya sampai otoritas Presiden dipengasingan Abdu Rabbu Mansour Hadi dipulihkan di seluruh Yaman.

Pangkalan udara Al-Anad, sebelah utara dari kota kedua Aden, tempat pasukan AS mengawasi perang pengecut mereka menggunakan drone melawan Al-Qaidah di Yaman, sampai sesaat sebelum pemberontak Syi'ah Houtsi menyerbu markas itu pada bulan Maret.

Selama malam, pasukan yang setia kepada Hadi mengambil alih bangunan, hanggar dan gudang di kompleks seluas 15 kilometer persegi tersebut, kata sumber-sumber militer.

Di pagi hari, mereka menyisir markas untuk memeriksa tidak ada kantong-kantong perlawanan yang tersisa dari pemberontak Syi'ah Houtsi.

Sekitar 70 pemberontak tewas dan 10 ditangkap dalam pertempuran itu, kata sumber-sumber pro-pemerintah.

Loyalis menderita korban tewas sebanyak 24 orang dan 23 lainnya luka-luka. (st/ds)


latestnews

View Full Version