View Full Version
Rabu, 26 Aug 2015

'Pasukan Keamanan Afghanistan' Tembak Mati 2 Tentara Asing di Helmand

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Dua orang yang mengenakan seragam pasukan keamanan Afghanistan pada hari Rabu (26/8/2015) menembaki pasukan NATO di selatan negara itu, menewaskan dua anggota layanan sebelum para penyerang ditembak mati, kata pasukan asing.

Kekerasan telah meningkat tajam di Afghanistan sejak pasukan asing secara resmi mengakhiri misi tempur mereka tahun lalu, meninggalkan kontingen kecil dari sekitar 12.000 tentara NATO untuk melatih pasukan Afghanistan melawan pemberontakan Taliban.

Pasukan NATO mengatakan insiden itu terjadi di provinsi bergolak Helmand, dimana pasukan pemerintah sering menjadi sasaran serangan mujahidin.

"Dua anggota layanan Resolute Support tewas dini hari tadi, ketika dua orang yang mengenakan seragam Pasukan Pertahanan dan Keamanan Afghanistan menembaki kendaraan mereka," kata aliansi itu dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang lokasi yang tepat dari insiden dan kebangsaan dari mereka yang tewas, namun sebagian besar pasukan asing yang beroperasi di Helmand adalah Amerika.

Seorang pejabat daerah mengatakan insiden tersebut melibatkan dua orang yang berpenampilan pasukan khusus Afghanistan menembaki sekutu mereka di bekas Camp Bastion, pangkalan utama diserahkan kepada pasukan Afghanistan tahun lalu.

Belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan tersebut namun kelompok Taliban telah sering melakukan serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan dan asing melalui para anggota mereka yang telah menyusup di antara pasukan keamanan Afghanistan.

Penyusupan agen-agen Taliban di dalam pasukan keamanan Afghanistan untuk melakukan serangan terhadap mereka dan pasukan asing yang ada di wilayah Afghanistan adalah salah satu taktik yang kerap digunakan oleh kelompok mujahidin tersebut. (st/Reuters)

Editor: RF


latestnews

View Full Version