View Full Version
Kamis, 03 Sep 2015

Prediksi PBB: Tahun 2020 Gaza, Palestina Tidak Akan Berpenghuni

JENEWA (voa-islam.com)- Laporan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menyatakan bahwa kondisi Jalur Gaza, Palestina pada tahun 2020 mendatang tidak akan ada lagi berpenghuni. Pernyataan ini disampaikan karena melihat ekonomi di wilayah tersebut yang kian kritis.

Selain itu, dampak konflik yang berkepanjangan juga menjadi pengaruh “pengosongan” wilayah Gaza karena Isreal laknattullah terus saja memborbadir. Demikian yang dilaporkan Konferensi Perserikatan Bangsa-bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan seperti yang dikutip Antara.

UNCTAD melaporkan kerusakan parah juga diderita oleh satu-satunya pembangkit listrik di Jalur Gaza, sementara sektor pertaniannya menderita kerugian sampai 550 juta dolar AS.

Menurut perkiraan dalam laporan UNCTAD, konflik tahun lalu saja merusak atau benar-benar menghancurkan 247 pabrik, 300 pusat komersial, 20.000 rumah orang Palestina, 148 sekolah, 15 rumah sakit dan 45 pusat kesehatan primer, serta membuat 500.000 kehilangan tempat tinggal.

Banyak data memperlihatkan angka pengangguran di Jalur Gaza mencapai angka tinggi pada 2014, dan 44 persen penduduknya kehilangan pekerjaan, sementara produk domestik bruto per kapita merosot sampai 30 persen dibandingkan dengan tahun 1994. Sementara eskpor dari Jalur Gaza nyaris sepenuhnya terhalang, dan impor serta pengiriman uang kontan sangat dibatasi.

UNCTAD memperingatkan bantuan donor takkan bisa mengubah kerusakan pembangunan dan kemiskinan yang terus terjadi di Jalur Gaza. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version