View Full Version
Ahad, 04 Oct 2015

MSF Bantah Taliban Tembaki Pasukan NATO dan Afghan dari Rumah Sakit

KUNDUZ, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok bantuan medis Medecins Sans Frontieres (MSF) membantah bahwa pejuang Taliban melepaskan tembakan pada pasukan Afghanistan dan NATO dari rumah sakit yang mereka kelola sebelum serangan udara AS menewaskan sedikitnya 19 orang dalam pertempuran untuk mengusir mujahidin dari kota Afghanistan, kantor berita Reuters melaporkan Ahad (4/10/2015).

Kelompok bantuan itu mengatakan serangan udara itu, dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan AS, menewaskan 19 staf dan pasien pada hari Sabtu di sebuah rumah sakit yang mereka jalankan di Kunduz, meninggalkan 37 lainnya luka-luka.

Militer AS mengaku melakukan serangan udara "di sekitar" rumah sakit, bukan rumah sakit sebagaimana fakta yang terjadi di lapangan, karena mereka menargetkan pejuang Taliban yang langsung menembaki personel militer AS.

Di Kabul, Kementerian Pertahanan Afghanistan mengklaim pejuang Taliban telah menyerang rumah sakit dan menggunakan gedung tersebut "sebagai perisai manusia". Tapi kelompok bantuan medis itu membantahnya.

"Pintu-pintu gerbang kompleks rumah sakit ditutup sepanjang malam sehingga tidak ada seorang selain staf, pasien atau pengasuh yang berada di dalam rumah sakit ketika pemboman itu terjadi," kata Medecins Sans Frontieres dalam sebuah pernyataan pada hari Ahad.

Para saksi mata mengatakan pasien terbakar hidup-hidup di rumah sakit ramai setelah serangan udara pada Sabtu dini hari. Di antara yang tewas adalah tiga anak yang sedang dirawat.

Staf Frantic MSF menelepon pejabat militer NATO di Kabul dan Washington setelah serangan pertama itu, tetapi itu tidak digubris, dan bom terus menghujani mereka selama hampir satu jam, seorang pejabat dari kelompok itu mengatakan.

Pemerintah AS, seperti insiden-insiden sebelumnya yang berakhir tanpa ada tindak lanjut, menjanjikan penyelidikan penuh atas insiden itu, terlebih kepala hak asasi manusia PBB mengatakan pemboman itu bisa dianggap sebagai kejahatan perang.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Barack Obama menyampaikan belasungkawa kepada para korban apa yang disebut "insiden tragis".

Pertempuran memperebutkan Kunduz masih berlanjut

Kota utara Kunduz telah menjadi tempat pertempuran sengit sejak Taliban merebutnya hampir sepekan yang lalu. Pasukan keamanan Afghanistan berjuang keras untuk membuka jalan mereka ke Kunduz empat hari yang lalu, tapi pertempuran terus berlanjut di banyak tempat.

Pejuang Taliban di Kunduz masih melakukan perlawanan terhadap tentara Afghanistan pada hari Ahad, meskipun pemerintah mengklaim telah menguasai daerah itu.

"Pemahaman kami adalah bahwa seluruh daerah masih diperebutkan," kata seorang pejabat militer koalisi di Kabul, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Mayat-mayat tergeletak di jalan-jalan dan orang-orang yang terlalu takut untuk meninggalkan rumah mereka, kata seorang warga, Gulboddin. "Anda dapat mendengar suara senjata api di seluruh kota," kata Gulboddin, yang hanya memiliki satu nama. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version