View Full Version
Senin, 26 Oct 2015

7 Polisi Turki Tewas atau Terluka dalam Baku Tembak dengan Anggota Daulah Islam (IS) di Kayapinar

KAYAPINAR, TURKI (voa-islam.com) - Dua polisi Turki tewas dan lima lainnya terluka dalam baku tembak dengan anggota Daulah Islam (IS) setelah polisi menggerebek lebih dari selusin rumah di tenggara Turki pada Senin (26/10/2015) pagi, sumber-sumber keamanan dan juru bicara pemerintah Numan Kurtulmus mengatakan pada hari Senin.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, bentrokan itu, yang juga menyebabkan 7 anggota IS gugur, terjadi di distrik Kayapinar di kota Diyarbakir yang mayoritas berpenduk Kurdi.

Ini adalah kontak senjata pertama dari sejenisnya antara pasukan keamanan Turki dan tersangka pejuang IS di dalam kota; konfrontasi sebelumnya telah terjadi di perbatasan Turki-Suriah.

Kurtulmus mengatakan 12 anggota IS ditangkap hidup-hidup.

"Sebuah sel penting IS telah dinetralkan," katanya kepada wartawan. "Bekerja untuk mengidentifikasi (militan) dan untuk mengungkap hubungan mereka di kota-kota lain masih berlangsung."

Sebuah video yang dirilis oleh kantor berita Dogan menunjukkan dua kendaraan lapis baja polisi bergerak menuju deretan rumah sementara suara tembakan terdengar sebagai latar belakang.

Pemerintah Turki telah menambah operasi ke yang dicurigai sebagai sel-sel IS setelah bom jibaku ganda di Ankara yang menewaskan lebih dari 100 orang, serangan terburuk dari jenisnya dalam sejarah modern Turki, yang disalahkan pada mereka.

Pekan lalu, Presiden Tayyip Erdogan mengatakan intelijen Suriah dan militan Kurdi, tidak hanya IS, berada di balik serangan terhadap pawai aktivis pro-Kurdi dan kelompok-kelompok sipil.

Erdogan mengatakan militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK, polisi rahasia "mukhabarat" Suriah dan milisi Kurdi Suriah PYD telah bekerja sama dengan IS dalam pemboman pada 10 Oktober. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version