View Full Version
Selasa, 15 Dec 2015

Saudi Umumkan Pembentukan Koalisi Anti-Teror Terdiri dari 34 Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi telah mengumumkan pembentukan koalisi militer anti-teror terdiri dari 34 negara-negara berpenduduk mayoritas Islam.

Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, Turki, Malaysia, Pakistan dan beberapa negara Afrika dan Teluk Persia lainnya adalah di antara negara-negara yang disebutkan dalam sebuah pernyataan mengumumkan di televisi negara Saudi, Selasa (15/12/2015).

"Negara-negara yang disebutkan di sini telah memutuskan pada pembentukan aliansi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi untuk memerangi terorisme, dengan pusat operasi gabungan yang berbasis di Riyadh untuk mengkoordinasikan dan mendukung operasi militer," kata pernyataan itu.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa koalisi memiliki "kewajiban untuk melindungi negara Islam dari kejahatan semua kelompok teroris dan organisasi apapun sekte dan nama mereka yang mendatangkan kematian dan kerusakan di muka bumi dan bertujuan untuk meneror orang yang tidak bersalah."

Dalam konferensi pers setelah pengumuman tersebut, Menteri Pertahanan Saudi Mohammed bin Salman Al Saud mengatakan bahwa kampanye itu akan "mengkoordinasikan" langkah-langkah untuk memerangi terorisme di Irak, Suriah, Libya, Mesir dan Afghanistan, tanpa menyebutkan bagaimana koordinasi akan dilakukan.

"Kita tidak bisa melakukan operasi ini tanpa berkoordinasi dengan legitimasi di tempat ini dan masyarakat internasional," katanya.

Menteri Pertahanan Saudi menambahkan bahwa selain menghadapi Daulah Islam (IS), koalisi ini juga akan menghadapi "organisasi-organisai teroris yang muncul di depan kami." (st/ptv)


latestnews

View Full Version