View Full Version
Selasa, 12 Jan 2016

Khawatir Serangan Daulah Islam (IS), Pasukan Kurdi Peshmerga Gali Parit Pertahanan di Sekitar Kirkuk

DUHOK, KURDISTAN IRAK (voa-islam.com) - Tentara Kurdi dari Peshmerga mulai memperkuat kota Kirkuk di Irak utara dalam upaya untuk melindungi kota kaya minyak itu dari ancaman Daulah Islam (IS), kata para pejabat, Senin (11/1/2015).

Pasukan Peshmerga dimulai pekan lalu menggali parit sepanjang pinggiran selatan Kirkuk, yang telah terkena ofensif IS selama beberapa bulan terakhir.

Kemal Kerkuki, anggota Partai Demokrat Kurdistan (PPK) yang berkuasa di Wilayah Kurdistan Irak, mengatakan kepada wartawan pada Senin bahwa parit yang dikerjakan oleh pasukan Peshmerga ditujukan untuk menjaga keamanan di kota Kirkuk terhadap setiap agresi oleh IS.

Berbicara kepada ARA News di Kirkuk, pejabat Peshmerga Qasim Khurshid mengatakan: "teroris ISIS telah berulang kali mencoba untuk menyusup ke Kirkuk untuk menghantam markas besar Peshmerga dan mengambil alih ladang minyak kota ini."

"Parit tersebut akan berfungsi sebagai benteng terhadap serangan oleh kelompok teror," katanya.

Khourshid menambahkan bahwa proyek parit dapat terus mencakup sebagian besar perbatasan Daerah Kurdistan di Irak utara untuk melindungi orang-orang di wilayah ini dan sumber dayanya terhadap ancaman IS.

"Fortifikasi ini tidak ditujukan untuk memisahkan wilayah tersebut dari Irak sepenuhnya. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi Wilayah Kurdistan yang menampung ribuan warga Irak yang melarikan diri dari ISIS, "katanya. "Peshmerga membuktikan peran yang efektif dalam perang melawan kelompok teror ini, dan perlindungan warga sipil dan sifat masyarakat selalu menjadi prioritas utama bagi tentara kita."

Ladang minyak Kirkuk memproduksi hingga 500.000 barel per hari, menurut laporan resmi. IS sebelumnya telah mencoba menggempur kota itu dari pinggiran selatan, namun pasukan Peshmerga memukul mundur serangan tersebut bekerjasama dengan angkatan udara koalisi pimpinan AS. (an/ARA)


latestnews

View Full Version