View Full Version
Kamis, 04 Feb 2016

Serangan Udara AS di Abyan Tewaskan Seorang Komandan Tingkat Atas Al-Qaidah di Semenanjung Arab

ABYAN, YAMAN (voa-islam.com) - Sebuah serangan udara yang diyakini telah dilakukan oleh pesawat tak berawak AS di Yaman selatan pada hari Kamis (4/2/2016) membunuh seorang pemimpin terkenal dari cabang Al-Qaidah di negara yang dilanda perang tersebut, kata seorang anggota keluarga.

Jalal Belaidi, alias Abu Hamza, seorang komandan tingkat atas Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP), gugur bersama dua pengawalnya di daerah Maraqesha provinsi Abyan, katanya
 
Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang diketahui untuk mengoperasikan drone bersenjata atas Yaman, rumah bagi AQAP, yang dianggap oleh Washington sebagai afiliasi paling berbahaya kelompok Al-Qaidah.
 
Sebuah sumber suku juga mengkonfirmasi kematian Belaidi setelah melakukan kontak dengan pejuang AQAP di daerah itu.
 
Belaidi, yang lahir di Abyan,  di masa lalu menjabat sebagai pemimpin Al-Qaidah di Zinjibar, tapi ia dikatakan telah naik pangkat di kelompok jihad itu untuk menjadi seorang komandan militer.
 
AS terus melakukan serangan pada mujahidin selama berbulan-bulan pertempuran antara pasukan pro-pemerintah dan pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran yang mengendalikan ibukota.
 
pada 3 Februari, serangan pesawat tak berawak menewaskan enam anggota AQAP di provinsi terdekat Shabwa, kata seorang pejabat keamanan.

Mujahidin, termasuk AQAP dan cabang Daulah Islam (IS), telah mendapatkan wilayah di selatan, dengan para pejuang AQAP merebut kota Azan di Shabwa awal pekan ini.
 
Pejuang  Al-Qaidah mengendalikan ibukota provinsi Abyan, Zinjibar dan kota terdekat Jaar. Mereka juga bergerak bebas antara Hadramawt, Shabwa dan Abyan. (st/hd)


latestnews

View Full Version