View Full Version
Jum'at, 05 Feb 2016

Saudi Siap Berpartisipasi dalam Operasi Darat di Suriah Bersama Koalisi Pimpinan AS

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi mengatakan pada hari Kamis (4/2/2016) mereka siap untuk berpartisipasi dalam operasi darat di Suriah jika aliansi yang dipimpin AS memutuskan untuk memulai operasi tersebut, penasihat menteri pertahanan Saudi mengatakan.

"Kerajaan ini siap untuk berpartisipasi dalam setiap operasi darat yang koalisi mungkin setujui untuk dilaksanakan di Suriah," Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, yang juga juru bicara koalisi yang dipimpin Arab Saudi di Yaman, mengatakan kepada TV Al-Arabiya milik Saudi dalam sebuah wawancara.

Asseri mengatakan Arab Saudi telah menjadi anggota aktif dari koalisi pimpinan AS yang telah memerangi mujahidin di Suriah sejak 2014, dan telah melakukan lebih dari 190 misi udara.

Dia mengatakan Arab Saudi, yang telah mempimpin operasi militer Arab terhadap pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran di Yaman, percaya bahwa untuk menang melawan Islamic State, koalisi memerlukan untuk menggabungkan operasi udara dengan operasi darat.

"Jika ada konsensus dari pimpinan koalisi, kerajaan bersedia untuk berpartisipasi dalam upaya ini karena kami percaya bahwa operasi udara bukan merupakan solusi yang ideal dan harus ada campuran kembar operasi udara dan darat," kata Asseri.

Ditanya tentang komentar Assiri pada sebuah briefing, juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby mengatakan koalisi secara umum mendukung memiliki mitra yang berkontribusi lebih dalam memerangi IS, tapi ia belum melihat proposal Saudi. "Saya tidak ingin berkomentar secara khusus mengenai ini sampai kami punya kesempatan untuk meninjau itu," katanya. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version