View Full Version
Senin, 08 Feb 2016

Pejabat: Bom Pesawat Somalia Disembunyikan di Dalam Laptop

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Para pejabat intelijen Somalia yang menyelidiki ledakan bom pada sebuah jet penumpang pada hari Ahad (7/2/106) merilis rekaman kamera pengawas komersial yang muncul menunjukkan seorang penumpang diberi sebuah laptop di mana bom itu disembunyikan.

Ledakan hari Selasa merobek lubang di pesawat penumpang Daallo Airlines  tak lama setelah pesawat itu lepas landas dari bandara utama Somalia, menewaskan satu orang dan memaksa pendaratan darurat.

Rekaman kamera pengawas yang baru dirilis menunjukkan pelaku bom diberikan sebuah laptop oleh dua orang lainnya, salah satunya mengenakan jaket keamanan, Badan Intelijen dan Keamanan Nasional mengatakan.

"Ada investigasi yang sedang berlangsung dan sekitar 15 orang telah ditangkap sejauh ini dalam kaitannya dengan insiden tersebut," kata seorang pejabat keamanan Somalia yang meminta untuk tidak disebutkan namanya kepada AFP.

"Hasil penyelidikan awal menunjukkan bahwa bom itu ditanam di laptop dan dilakukan oleh salah satu penumpang.

"Sebuah kamera CCTV merekam beberapa kegiatan dan serangan itu diyakini telah dikoordinasikan oleh jaringan individu, banyak di antaranya telah ditangkap dan sedang diselidiki," kata sumber itu.

Pihak berwenang awalnya mengaitkan ledakan itu dengan dekompresi udara tiba-tiba. Tapi pada hari Sabtu, setelah investigasi oleh para ahli Somalia dan para internasional, Menteri Transportasi dan Penerbangan Somalia Ali Ahmed Jama menyalahkan itu akibat ledakan sebuah bom.

Belum ada klaim dari pihak mana pun terkait ledakan ini, namun para penyelidik mencurigai kelompok mujahidin Al-Shabaab yang bertanggung jawab atas atas peristiwa tersebut. (st/AFP)


latestnews

View Full Version