View Full Version
Kamis, 11 Feb 2016

Nelayan Aceh Selamatkan Pengungsi Rohingya di Laut Masuk Nominasi Nansen Refugee Award 2016

ACEH UTARA (voa-islam.com)--Nelayan Aceh yang menyelamatkan warga Rohingya dan Banglades di perairan Aceh masuk nominasi Nansen Refugee Award 2016, nama para nelayan ini diajukan oleh Yayasan Geutanyoe.

Direktur Internasional Yayasan Geutanyoe, Lilianne Fan mengatakan, perjuangan para nelayan yang sudah menyelamatkan ribuan nyawa warga Rohingya dan Banglades demi mempertahankan hidup mereka layak diajukan untuk Nansen Refugee Award 2016.

"Kalau tidak ditolong oleh para nelayan Aceh, maka nyawa anak-anak, warga Rohingya dan Banglades yang terdampar di laut bisa tidak terselamatkan, maka kami mengajukan para nelayan ini untuk Nansen Refugee Award 2016," Lilianne Fan, Selasa, 9 Fabruari 2016.

Setiap tahun UNHCR memberikan Nansen Refugee Award kepada lembaga dan relawan yang telah menyelamatkan para pengungsi yang mencari suaka politik, selain itu Nansen Refugee Award juga diberikan kepada relawan yang fokus memberikan pendidikan kepada para anak-anak pengungsi di semua negara.

Menurut Lilianne Fan, para nelayan Aceh menunjukkan cara yang nyata sebuah kerja kemanusiaan yang sangat mulia menyelematkan nyawa manusia, dan hak asasi manusia tanpa memandang ras dan suku.

"Tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh para nelayan Aceh, serta respon masyarakat lokal dan pemerintah untuk membantu mereka berujung pada peninjauan kembali oleh Pemerintah Indonesia mengenai kebijakan mereka terhadap pengungsi," kata Lilianne Fan.* [Rilis/Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version