View Full Version
Rabu, 13 Apr 2016

AS Akan Tarik Pasukan dari Semenanjung Sinai Menyusul Meningkatnya Serangan dari Mujahidin

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pentagon sedang mengurangi jumlah pasukan AS di Semenanjung Sinai Mesir mengutip alasan meningkatnya serangan oleh Islamic State (IS) dan kelompok afiliasinya, kata seorang pejabat pertahanan AS.

Menurut juru bicara Pentagon Kapten Angkatan Laut Jeff Davis berbicara pada hari Selasa (12/4/2016), keputusan itu dibuat setelah Menteri Pertahanan AS Ashton Carter memulai "komunikasi formal" dengan Mesir dan Israel memberitahu mereka tentang peninjauan AS terhadap misi militernya untuk ratusan tentara yang saat ini beroperasi di Semenanjung Sinai dan ancaman dari kelompok-kelompok jihad.

AS memiliki sekitar 700 tentara di sana sebagai bagian dari operasi yang ditetapkan PBB setelah Mesir dan Israel menandatangani perjanjian perdamaian tahun 1979 dan sepakat untuk misi Pasukan Multinasional dan Pengamat (MFO) untuk memantau kepatuhan perjanjian tersebut.

Davis mengatakan Pentagon tetap "berkomitmen penuh" untuk misi MFO tetapi ingin menggunakan drone dan alat-alat berteknologi tinggi lain daripada personel Amerika di tanah untuk memikul beberapa pekerjaan berisiko.

"Saya tidak berpikir ada yang berbicara tentang penarikan berskala penuh. Saya pikir kita hanya melihat sejumlah orang yang kita telah ada di sana untuk melihat apakah ada fungsi yang kita dapat otomatisasi, "Dia menambahkan. "Kita tahu bahwa ISIL aktif di Sinai ... Ini adalah situasi di sana yang memiliki risiko, dan kami ingin memastikan bahwa kami sedang menangani risiko tersebut dengan tepat."

Semenanjung Sinai telah berada di bawah keadaan darurat sejak Oktober 2014, setelah serangan mematikan mujahidin yang merenggut nyawa 33 tentara dari pasukan keamanan Mesir.

Para jihadis telah melakukan serangan mematikan dengan mengambil keuntungan dari gejolak yang melanda Mesir setelah mantan presiden yang terpilih melalui pemilu, Muhammad Mursi, digulingkan oleh militer pada bulan Juli tahun 2013.

Para pejuang dari kelompok afiliasi IS, Wilayat Sinai, yang sebelumnya dikenal sebagai Ansar Bait al-Maqdis, telah menyatakan bertanggung jawab atas sebagian besar serangan, terutama menargetkan tentara dan polisi. Pada bulan November 2014, kelompok berjanji setia kepada Islamic State, yang  sebagian besar aktif di Irak dan Suriah. (st/ptv)


latestnews

View Full Version