View Full Version
Ahad, 24 Apr 2016

Pasukan Yaman Dibantu Koalisi Saudi Lancarkan Operasi untuk Dorong Al-Qaidah dari Selatan

ZINJIBAR, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah Yaman yang didukung oleh kekuatan udara dari koalisi yang dipimpin Arab Saudi hari Sabtu (23/4/2016) melancarkan operasi untuk mendorong pejuang Al-Qaidah keluar dari ibukota provinsi selatan, kata para pejabat militer.

Pasukan yang setia kepada Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi di provinsi Abyan bergerak maju ke arah Zinjibar dan kota tetangga Jaar, kata sumber-sumber.

Tentara bentrok dengan pejuang Al-Qaidah di Al-Kud, lima kilometer selatan Zinjibar, sementara helikopter Apache koalisi menargetkan posisi mujahidin di daerah itu, kata mereka.

Pasukan mencapai kompleks pemerintah di tepi selatan Zinjibar dan pertempuran berkecamuk di sekitar kompleks, kata sumber-sumber militer.

Warga mengatakan orang-orang bersenjata, pejuang bertopeng dikerahkan di jalan-jalan kota.

Pasukan pemerintah pekan lalu mengklaim mengusir para pejuang dari cabang lokal Al-Qaidah - Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) - dari Hawta, ibukota provinsi Lahj, sebagai bagian dari operasi yang luas untuk mengamankan provinsi selatan.

Pasukan yang didukung koalisi telah mendorong para pejuang Islam dari Aden, kota selatan dinyatakan oleh Hadi sebagai ibukota sementara negara itu setelah pemberontak Syi'ah Houtsi menyerbu Sana'a pada bulan September tahun 2014.

Koalisi Arab memulai operasi militer mendukung Hadi pada Maret 2015 setelah pemberontak Syi'ah kaki tangan Syi'ah Iran itu bergerak maju ke Aden dan memaksa dia untuk melarikan diri ke Riyadh.

Tapi pasukan pro-Hadi selama musim panas berhasil untuk merebut kembali kendali dari Aden dan empat provinsi lainnya dengan dukungan koalisi bersenjata.

Pasukan koalisi juga telah didukung pasukan pro-pemerintah melawan AQAP dan pejuang Islamic State (IS) yang telah mengambil keuntungan dari kekacauan untuk memperkuat cengkeraman mereka di Yaman selatan.

Pertempuran terbaru datang sebagai perwakilan dari pemerintah dan pemberontak Syi'ah yang didukung Iran melanjutkan perundingan perdamaian yang disponsori PBB di Kuwait, yang dimulai pada hari Kamis. (st/MEE)


latestnews

View Full Version