View Full Version
Rabu, 27 Apr 2016

Jenderal AS: Sekitar 200 Pejuang Asing Bergabung dengan Islamic State (IS) Setiap Bulan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Jumlah pejuang asing yang bergabung dengan Islamic State (IS) di Irak dan Suriah telah menurun tajam pada tahun lalu menjadi sekitar 200 per bulan, klaim seorang pejabat militer AS, Selasa (26/4/2016).

Itu adalah penurunan drastis dari sekitar setahun yang lalu ketika antara 1.500 dan 2.000 pejuang asing bergabung dengan mereka di Irak dan Suriah setiap bulan, kata Mayor Jenderal Angkatan Udara Peter Gersten, wakil komandan operasi dan intelijen untuk pasukan koalisi pimpinan AS, selama konferensi pers.

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri mengatakan jumlah pejuang IS di Irak dan Suriah lebih rendah dari pada setiap saat dalam dua tahun terakhir.

Suriah telah menjadi inkubator global utama untuk generasi baru militan ketika IS merekrut sebanyak 31.000 pejuang asing dalam 18 bulan terakhir, menurut laporan yang diterbitkan oleh mantan kepala mata-mata Inggris tahun lalu.

Gersten juga mengklaim bahwa jumlah pejuang yang lari dari IS meningkat juga, namun ia tidak memberikan nomor tertentu.

"Kami melihat fraktur moral mereka, kita melihat ketidakmampuan mereka untuk membayar, kita melihat ketidakmampuan untuk melawan, kita menyaksikan mereka mencoba untuk meninggalkan Daesh dalam setiap cara," klaim Gersten, menggunakan akronim bahasa Arab untuk IS. (an/ARA)


latestnews

View Full Version