View Full Version
Rabu, 27 Apr 2016

Milisi Syi'ah Pro-Assad Bombardir Konvoi Bantuan Kemanusiaan yang Menuju Wilayah Oposisi di Homs

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Sebuah konvoi bantuan kemanusiaan yang menuju wilayah kantong yang dikuasai pejuang oposisi di Homs utara telah dihujani tambakan oleh pasukan pro-rezim, menurut para aktivis di wilayah terkepung tersebut.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan bahwa sebuah roket menghantam salah satu truk konvoi Palang Merah di sekitar Teir Maaleh hari Senin (25/4/2016), mencederai sopir dan dua orang lain.

Sumber-sumber lokal mengatakan kepada LSM yang melacak perkembangan di Suriah yang dilanda perang itu bahwa roket ditembakkan dari daerah terdekat yang berada di bawah kendali pasukan rezim.

Sejumlah outlet pro-oposisi memberitakan insiden itu, dengan aktivis Homs Media Center mengatakan bahwa milisi Syi'ah di desa Al-Kam-sekitar 1 kilometer sebelah utara dari Teir Maaleh-telah menargetkan konvoi tersebut dengan sebuah roket tank.

Dewan oposisi Teir Maaleh juga mengeluarkan pernyataan tentang masalah ini, mengatakan bahwa konvoi kemanusiaan itu melambat dalam perjalanan dari Teir Maaleh ke Rastan dengan kondisi yang buruk dari jalan, yang penuh dengan kawah dan bumi gunung.

Sebuah loader dibawa untuk menghapus hambatan, setelah putih "milisi Syi'ah di sisi timur dari Teir Maaleh di Al-Kam menargetkan itu dengan peluru kendali, menyebabkan kerusakan material yang serius," tambah pernyataan itu.

Komite Internasional Palang Merah serta Bulan Sabit Merah Suriah setempat telah mengirimkan 100 truk bantuan kemanusiaan ke Homs Utara dalam sepekan terakhir, bantuan pengiriman terbesar sejauh ini dalam perang sipil Suriah.

Pada hari Kamis, 65 truk berisi makanan, peralatan medis dan peralatan untuk air bersih tiba di Rastan, pengiriman pertama ke kota yang terkepung itu sejak 2012. (st/NOW)


latestnews

View Full Version