View Full Version
Ahad, 01 May 2016

FBI Tankap 3 Anggota Keluarga Pelaku Penembakan San Benardino

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Tiga orang yang memiliki hubungan keluarga dengan pelaku penembakan San Bernardino Syed Rizwan Farook telah ditahan FBI atas tuduhan yang tidak terkait dengan penembakan mematikan 2 Desember, kata biro penyelidik federal itu hari Kamis (28/4/2016).

Mereka yang ditangkap adalah saudara Farook lebih tua, Syed Raheel Farrok, 31, istrinya, Tatiana Farook, juga 31, dan adiknya Mariya Chernykh, 26.

Sebuah dewan juri federal mengembalikan lima buah dakwaan terhadap ketiganya hari Rabu yang timbul dari konspirasi untuk melakukan penipuan pernikahan, menurut pernyataan dari FBI.

Chernykh menikah dengan Enrique Marquez Jr, yang dituduh berkonspirasi untuk memberikan dukungan material kepada kedua pelaku. Dia membeli senapan yang Farook junior dan istrinya yang digunakan dalam penembakan. Ia juga dituduh melakukan pernikahan palsu dengan Chernykh pada November 2014.

Departemen Kehakiman sebelumnya mengatakan Marquez menandatangani formulir imigrasi palsu mengatakan bahwa ia tinggal dengan Chernykh.

Dia secara terpisah menghadapi empat dakwaan terkait dengan penipuan dan penyalahgunaan visa, izin dan dokumen lain dan, membuat pernyataan palsu kepada agen federal. Jika terbukti bersalah, Chernykh menghadapi hingga 25 tahun penjara federal.

"Penangkapan hari ini membuka babak baru dalam proses membawa ke pengadilan semua orang yang diduga melakukan kejahatan yang terungkap selama penyelidikan lengkap kami," kata Kejaksaan AS Eileen M. Decker dalam sebuah pernyataan. "Mereka yang berbohong atau menyembunyikan informasi material dari aparat penegak hukum yang menyelidiki aksi teroris akan dituntut hukumsepenuhnya."

Empat belas orang tewas, dan 22 orang lainnya luka-luka di Pusat Regional Inland ketika Farook dan istrinya melepaskan tembakan selama pesta liburan. (st/wb)


latestnews

View Full Version