View Full Version
Selasa, 24 May 2016

Seorang Tahanan Politik Mesir Meninggal Akibat Disiksa Petugas Penjara dan Intelijen

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Seorang tahanan politik meninggal pada hari Sabtu dalam selnya di Penjara terkenal al-Arab Burj Alexandria sebagai "akibat penyiksaan", menurut sebuah kelompok hak asasi manusia dan kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir.

Koordinasi Hak dan Kebebasan Mesir, sebuah LSM yang berbasis di Kairo, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Sabtu (21/5/2016) bahwa keluhan telah disampaikan kepada jaksa penuntut umum Mesir menuntut penyelidikan kematian tahanan politik Badr Shehata "dari penyiksaan sistematis."

Bagaimanapun, otoritas kejaksaan rezim presiden Abdel Fattah Al-Sisi, menyatakan dalam sebuah pernyataan yang menegaskan, "menolak untuk melaksanakan otopsi meskipun fakta bahwa ada tanda-tanda yang jelas penyiksaan pada tubuh tahanan".

Ikhwanul Muslimin, untuk bagiannya, juga mengutuk "penyiksaan" dari Shehata, yang telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh pengadilan militer.

Dalam sebuah pernyataan, Ikhwan mengatakan Shehata telah meninggal "di tangan petugas penjara dan pejabat intelijen di dalam penjara setelah disiksa, dimana tanda-tanda di tubuhnya dan jejak darah di pakaiannya jelas membuktikan".

Pihak berwenang Mesir sejauh ini tidak mau mengomentari tuduhan tersebut.

Menurut kelompok hak asasi, 37 tahanan politik - termasuk sejumlah tokoh terkemuka - meninggal di penjara Mesir dan kantor polisi selama dua tahun terakhir. (st/wb)


latestnews

View Full Version