View Full Version
Jum'at, 27 May 2016

Turki Kecam Kemunafikan AS Karena Mendukung Kelompok Teror YPG Kurdi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki pada hari Jum'at (27/5/2016) mengatakan Amerika Serikat bermuka dua setelah pasukan khusus AS di Suriah terfoto tengah mendukung serangan darat besar yang dipimpin oleh milisi Kurdi yang dicap sebagai kelompok teror oleh Ankara.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan hal itu "tidak dapat diterima" bahwa pasukan AS telah terlihat dalam gambar yang diambil oleh seorang fotografer AFP mengenakan lencana dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi(YPG).

Ankara menganggap YPG sebagai kelompok teror, mengatakan mereka melakukan serangan di Turki dan menjadi cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) Suriah yang telah melakukan pemberontakan terhadap negara Turki selama lebih dari tiga dekade.

Namun, Washington melihat YPG sebagai salah satu kekuatan tempur yang paling efektif melawan Islamic State (IS) di dalam wilayah Suriah.

Masalah ini telah menyebabkan ketegangan antara kedua sekutu NATO itu selama berbulan-bulan.

"Kami menyarankan mereka (tentara AS) untuk memakai lencana dari Daesh (IS) atau (afiliasi Al-Qaidah) Al-Nusrah ketika mereka pergi ke bagian lain dari Suriah dan lencana dari Boko Haram ketika mereka pergi ke Afrika," kata Cavusoglu dengan nada sarkasme marah.

"Jika mereka tidak melihat (kelompok) ini (IS dan Al-Nusrah) sebagai sama dengan YPG, maka ini adalah standar ganda, kemunafikan," katanya pada konferensi pers pada pertemuan Least Developed Countries di resor selatan Antalya.

Fotografer AFP melihat pasukan AS di tanah di Suriah utara membantu koalisi komunis Kurdi dan sekuler Arab yang tergabung dalam Tentara Demokratik Suriah dalam serangan besar terhadap kubu IS di provinsi Raqqa.

Beberapa pasukan komando AS juga difoto mengenakan lencana militer YPG, yang membuat sebagian besar SDF.

"Hal ini tidak dapat diterima bagi para prajurit Amerika Serikat - sekutu kami yang sangat tegas dalam memerangi teror - untuk menggunakan atau memakai lencana dari organisasi teror," kata Cavusoglu.

Sang menteri mencela apa yang dia katakan merupakan pendekatan "organisasi teroris yang dapat saya gunakan dan organisasi teroris yang aku tidak bisa gunakan."

"Anda memakai lambang organisasi teroris di bahu Anda, memasang bendera mereka di ibukota Anda. Tentu saja kita tidak akan berhasil dalam memerangi terorisme melalui pemahaman seperti ini saat ini," katanya.

Amerika Serikat, seperti Uni Eropa, mengklasifikasikan PKK sebagai kelompok teror. Tapi sejauh ini menolak lobi intensif dari Turki untuk juga melarang YPG dan berhenti bekerja sama dengan kelompok tersebut di Suriah.

Cavusoglu bersikeras bahwa dalam pembicaraan pribadi dengan Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri John Kerry Amerika Serikat telah mengatakan YPG "tidak dapat diandalkan" dan bersumpah Washington akan "berdiri bersama Turki dalam memerangi terorisme."

"Dan kemudian mereka memakai lencana dari organisasi teroris yang bertanggung jawab atas dua serangan terakhir di Ankara," keluhnya.

Turki menyalahkan YPG untuk serangan di ibukota tahun ini yang menewaskan puluhan orang, meskipun itu diklaim oleh sempalan kelompok PKK Kurdistan Freedom Falcons (TAK).

Ankara telah berulang kali mengatakan mereka tidak membuat perbedaan antara organisasi "teror", baik itu IS, PKK atau YPG.

"Tidak dapat diterima untuk membuat perbedaan antara organisasi teroris. Kami menentang semua organisasi teroris," katanya. (st/AFP)


latestnews

View Full Version