View Full Version
Selasa, 31 May 2016

57 Polisi Afghanistan Tewas dalam 2 Hari Pertempuran dengan Pejuang Taliban di Helmand

LASHKARGAH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Lima puluh tujuh polisi tewas dan 37 lain terluka dalam dua hari bentrokan di dua distrik di provinsi Helmand selatan, seorang pejabat senior polisi mengkonfirmasi pada hari Senin (30/5/2016).

Mayor Jenderal Asmatullah Dawlatzai, komandan polisi  zona Bost 505di Helmand, mengatakan kepada Pajhwok Afghanistan News bentrokan yang meletus dua hari lalu masih berlangsung antara pasukan keamanan dan mujahidin Taliban di distrik Greshk dan Nad Ali.

Dia mengatakan sedikitnya 27 polisi tewas dan 26 luka-luka di wilayah Shawal Nad Ali dan 25 lebih polisi tewas dan sembilan luka-luka di wilayah Malgir distrik Greshk.

Dawlatzai mengatakan lima polisi, termasuk seorang komandan polisi lokal Afghanistan, tewas dan dua lainnya luka-luka dalam bentrokan di wilayah Sra Shakh Greshk. Taliban sejauh ini merebut 10 pos pemeriksaan keamanan polisi di daerah-daerah tersebut, tambahnya.

Dawlatzai mengatakan Tentara Nasional Afghanistan (ANA) dan pejuang Taliban juga menderita korban, namun jumlah yang pasti tidak diketahui.

Taliban juga menegaskan bentrokan tersebut, dengan juru bicara kelompok itu, Qari Yousuf Ahmadi, mengatakan para pejuang mereka menangkap delapan pos pemeriksaan keamanan di distrik Nad Ali dan Greshk. Selama perebutan pos-pos tersebut, kata dia, 61 polisi tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Beberapa perwakilan masyarakat pada Senin memperingatkan jika bala bantuan keamanan tidak mencapai Helmand dalam waktu 48 jam, provinsi itu akan jatuh ke tangan Taliban.

Tapi Juru bicara Kementerian Pertahanan Jenderal Dawlat Waziri sesumbar Taliban sekali pun tidak bisa menangkap provinsi Helmand.

Dia mengatakan operasi darat dan udara terhadap mujahidin sedang berlangsung di Lashkargah, Nad Ali, Greshk, Sangin, Marja dan distrik-distrik lainnya. Ia mengakui aktivitas mujahidin telah meningkat akhir-akhir ini di provinsi tersebut.

Helmand adalah salah satu provinsi yang paling tidak aman di Afghanistan dan Taliban saat ini mengendalikan empat distrik--- Nawzad, Musa Qala, Baghran dan Dishu --- dan beberapa bagian dari Lashkargah. (st/pjhk)


latestnews

View Full Version