View Full Version
Selasa, 31 May 2016

Dewan Ulama Senior Al-Azhar Kecam Upaya Politisasi Haji oleh Syi'ah Iran

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Dewan Ulama Senior dari Universitas Azhar mengutuk Iran karena upaya mereka untuk mempolitisasi haji. Penolakan Teheran untuk menandatangani perjanjian Haji menunjukkan mereka ingin mengganggu pelaksanaan ibadah tersebut, kata Abbas Shouman, wakil dari Universitas Azhar dan sekretaris jenderal dewan tersebut seperti dilansir Arab News hari Selasa (30/5/2016).

Dia mengatakan sudah waktunya bagi negara-negara Arab dan Muslim untuk bersatu melawan konspirasi Iran, dan menambahkan bahwa Kerajaan memiliki hak berdaulat untuk mengatur pengaturan ibadah haji.

Mantan menteri wakaf Mesir dan anggota Dewan Ulama Senior Mahmoud Hamdi Zagzoug mengatakan Teheran yang harus disalahkan karena warganya tidak bisa untuk melakukan haji tahun ini.

Abdulshafi Mohammed Abdulatif, anggota dewan lain, mengatakan setiap tahun pemerintah Syi'ah Iran mencoba untuk mengganggu haji, dan bahwa itu adalah berniat menabur perpecahan dan perselisihan.

Ahmed Ajeebah, sekretaris jenderal Dewan Tinggi Urusan Islam, mengatakan Syi'ah Iran tidak memiliki hak untuk mempolitisasi haji. "Pihak berwenang Saudi memiliki hak untuk menghalangi setiap upaya untuk mengganggu haji karena pelecehan di tanah Dua Masjid Suci adalah pelecehan terhadap Islam dan Muslim," katanya.

Mohammed Rafat Osman, anggota lain dari dewan, mengatakan semua Muslim mendukung Kerajaan Saudi dan tahu bahwa mereka telah bekerja untuk memastikan ziarah yang aman.

Mantan kepala Komite Fatwa di Universitas Azhar Sheikh Ali Abu Al-Hasan mengatakan hal itu tidak diperbolehkan untuk menggunakan haji untuk tujuan-tujuan politik.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia, Abdullah bin Abdulmohsen Al-Turki mengatakan bahwa umat Islam di seluruh dunia mendukung Kerajaan Arab Saudi dan mengutuk Iran karena gangguan mereka di Timur Tengah.

Al-Turki mengecam Iran karena menolak untuk menandatangani perjanjian haji, mengatakan bahwa semua negara harus melakukannya karena alasan hukum, untuk melindungi kedua belah pihak. Ini adalah persyaratan dari Kerajaan dan sangat tidak pantas bagi Iran untuk bersengketa atas masalah ini.

Tuntutan "nyeleneh"

Kerajaan Arab Saudi dan pemerintah Syi'ah Iran gagal menandatangani nota kesepemahaman haji tahun ini menyusul permintaan "nyeleneh" Teheran dalam pelaksanaan ibadah haji.

Arab Saudi pada hari Ahad mengecam tuntutan "tidak dapat diterima" Iran atas jemaah haji mereka, setelah Teheran mengatakan warganya tidak akan mengambil bagian tahun ini karena hambatan yang dibesar-besarkan oleh Riyadh.

"Iran telah menuntut hak untuk mengatur ... demonstrasi dan memiliki hak istimewa ... yang akan menyebabkan kekacauan selama haji. Ini tidak bisa diterima," kata menteri luar negeri Saudi Adel Al Jubeir seperti dilansir laman The National.

Teheran mengatakan sebelumnya pada hari Ahad bahwa warga Iran akan kehilangan haji, yang jatuh pada bulan September tahun ini, dan menuduh Riyadh dari "memblokir jalan menuju Allah".

Pihak Saudi telah gagal untuk memenuhi tuntutan Iran atas "keamanan dan penghormatan" jemaah Iran yang ke Mekah, di antaranya 60.000 mengambil bagian dalam haji tahun lalu, Organisani Haji dan Ziarah Iran mengatakan.

Al Jubeir mengatakan Arab Saudi menandatangani nota kesepemahaman haji setiap tahun dengan lebih dari 70 negara "untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah".

"Tahun ini, Iran menolak menandatangani memorandum tersebut," katanya, beralasan bahwa Riyadh telah setuju untuk memfasilitasi pengaturan perjalanan jemaah Iran meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik atau hubungan udara.

"Hal ini sangat negatif jika niat Iran dari awal adalah untuk manuver dan mencari alasan, untuk mencegah warganya dari melaksanakan haji," katanya.

"Jika ini adalah tentang langkah-langkah dan prosedur, saya pikir kami telah melakukan lebih dari tugas kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi itu adalah Iran yang menolak hal tersebut." (st/an, tn)


latestnews

View Full Version