View Full Version
Selasa, 28 Jun 2016

Jajak Pendapat: Donald Trump Tidak Layak Jadi Presiden AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Hampir dua pertiga pemilih Amerika berpikir kandidat calon presiden Partai Republik Donald Trump tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden, sebuah jajak pendapat baru menemukan, menggarisbawahi bahwa pengusaha New York menghadapi masalah popularitas yang serius.

Survei ABC News / Washington Post dirilis pada hari Ahad (26/6/2016) menunjukkan bahwa 64 persen pemilih Amerika berpikir Trump tidak cocok untuk memimpin negeri itu, sementara hanya 37 persen dari peserta mengatakan hal yang sama tentang saingannya, kandidat capres Partai Demokrat Hillary Clinton.

Dalam hal dukungan keseluruhan, Trump membuntuti mantan sekretaris negara AS masa pertama kepemimpinan Barack Obama.

Mogul real estate itu juga gagal untuk menarik banyak pemilih atas dasar keadilan, ketika 66 persen dari mereka berpikir ia "secara tidak adil bias" terhadap kelompok-kelompok seperti minoritas perempuan dan Muslim.

Hal ini disebabkan pernyataan kontroversialnya terhadap umat Islam di seluruh pemilihan utama, di mana ia menyerukan larangan pada semua umat Islam untuk memasuki AS.

Trump juga telah berjanji untuk mendeportasi jutaan imigran dari Amerika Serikat setelah menjadi presiden, pernyataan lain yang diklaim dia telah ambil kembali.

Lima puluh enam persen orang Amerika yang berpartisipasi dalam jajak pendapat percaya bahwa Trump berdiri melawan keyakinan mereka bukannya berdiri untuk membela keyakinan mereka.

Dia mengamankan mayoritas suara delegasi yang dibutuhkan untuk mengklaim pencalonan presiden bulan lalu, tapi ia terus menghadapi penentangan dari banyak pejabat Republik dan aktivis yang percaya dia bisa merusak partai tersebut untuk tahun-tahun yang akan datang.

Di sisi Demokrat, Hillary Clinton dinyatakan sebagai kandodat calon presiden awal bulan ini setelah mencapai jumlah delegasi suara yang diperlukan.

Survei tersebut datang ketika Trump memecat manajer kampanyenya pekan lalu menyusul respon yang tidak menentu terhadap pembantaian baru-baru ini di sebuah klub malam khusus gay, Pulse Klub di Orlando, Florida pada 12 Juni, di mana itu menewaskan hampir 50 orang, menandai penembakan pernah massal terburuk dalam sejarah AS.

Kampanye Trump juga telah menurun jauh dari Clinton dalam hal penggalangan dana. Menurut catatan yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Federal (FEC), Clinton memiliki $ 42.500.000 tunai pada awal Juni, 32 kali lebih besar dari cadangan kas Trump yang cuma $ 1.300.000.

Kinerja penggalangan dana yang lemah, ditambah dengan dukungan yang menurun, cenderung menyebabkan lebih banyak kepanikan di antara Partai Republik tentang peluang Trump untuk memenangkan pemilu November mendatang. (st/ptv)


latestnews

View Full Version