View Full Version
Ahad, 03 Jul 2016

100 Lebih Tersangka Anggota Islamic State (IS) Ditangkap di Turki pada Bulan Juni

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Lebih dari 100 orang yang diduga anggota Islamic State (IS) ditangkap di Turki bulan lalu, menurut angka yang dikumpulkan dari catatan lembaga penegak hukum, World Bulletin melaporkan hari Sabtu (2/6/2016) mengutip kantor berita Anadolu Agency.

Dari 106 penangkapan, 32 ditahan di tahanan menunggu keputusan pengadilan. Para tersangka yang tersisa dideportasi, dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut atau dibebaskan dengan tidak ada tindakan tambahan yang akan diambil.

Di antara mereka yang diusir dari Turki adalah 19 warga Tajikistan ditangkap di Istanbul pada tanggal 3 Juni.

Penangkapan terjadi di Turki - di provinsi-provinsi selatan Gaziantep, Kilis, Mersin, Kahramanmaras dan Antalya; Izmir dan Manisa di barat; Yozgat dan Ankara di pusat Anatolia; dan Bursa dan Istanbul di barat laut.

Catatan Polisi, gendarmerie dan militer yang diperiksa oleh Anadolu Agency termasuk rincian senjata, uang tunai, komputer dan dokumen yang disita dalam penangkapan.

Menurut Menteri Dalam Negeri Efkan Ala hari Kamis, 1.654 tersangka anggota IS telah ditangkap sepanjang tahun ini, 791 di antaranya non-Turki. Dari mereka yang ditangkap, 663 yang diserahkan dalam tahanan.

Selain itu, militer telah menargetkan posisi IS di Suriah utara, mengkalim menewaskan sedikitnya 230 pejuang IS.

Angka-angka penangkapan disusun menyusul serangan hari Selasa di Bandara Internasional Istanbul Ataturk di mana 44 orang tewas dan lebih dari 200 luka-luka. Tiga belas orang telah ditangkap sehubungan dengan serangan itu, yang telah dikaitkan dengan IS. (st/wb)


latestnews

View Full Version