View Full Version
Senin, 18 Jul 2016

70 Jenderal dan Laksamana Angkatan Laut Ditahan Terkait Kudeta Militer Gagal di Turki

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Setidaknya 70 jenderal dan laksamana angkatan laut yang terkait dengan upaya kudeta militer hari Jum'at telah ditahan sejak kekalahan kudeta, menurut catatan pengadilan resmi diperiksa oleh Anadolu Agency.

Lebih dari 6.000 tentara dan hakim juga telah ditangkap atas hubungan dugaan terkait kudeta yang gagal, Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan Ahad (17/7/2016).

Orang-orang itu telah ditahan dengan tuduhan pelanggaran terhadap tatanan konstitusional di bawah KUHP Turki.

KUHP Pasal 309 mengatakan, "Setiap orang yang mencoba untuk membubarkan Majelis Tinggi Nasional Turki [parlemen], atau menghalangi kinerja organ legislatif secara keseluruhan atau sebagian dengan menggunakan kekerasan atau ancaman, akan dihukum dengan hukuman penjara seumur hidup yang berat."

"Proses hukum akan terus berlanjut," kata Bozdag kepada kantor penyiaran TRT yang dikelola negara. "Ini akan menjadi kasus paling luas yang pernah dilihat dalam sejarah Turki."

Kudeta gagal dikatakan telah diorganisir oleh pengikut Fetullah Gulen yang berbasis AS, yang dituduh mengejar kampanye asimetris yang berlangsung lama melawan pemerintah melalui para pendukungnya dalam negara Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan. (st/aa)


latestnews

View Full Version