View Full Version
Ahad, 24 Jul 2016

Dubes Afghanistan untuk PBB Sebut 6100 Mujahidin Asing Aktif di Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok-kelompok jihad yang berbasis di Pakistan menyerang kepentingan dan tujuan India di Afghanistan, duta besar Afghanistan untuk PBB telah mengatakan.

Mahmoud Saikal menyalahkan Lashkar-i-Taiba (LeT), Taliban, Jaish-i-Mohammad (JEM) dan Al-Qaidah untuk mencari tempat-tempat suci dan tempat berlindung yang aman di daerah suku di kedua sisi perbatasan.

"Di Afghanistan, kelompok teroris (baca;mujahidin) telah bekerja sama dengan Taliban berdasarkan tujuan bersama dan kepentingan bersama," sang diplomat mengatakan seperti dikutip oleh Press Trust of India hari Sabtu (23/7/2017).

Berpidato pada briefing terbuka Komite Kontra Terorisme, Saikal mengatakan: "Kelompok-kelompok ini menimbulkan ancaman strategis untuk keamanan dan stabilitas Afghanistan."

Penarikan pasukan asing, menciptakan tempat berlindung yang aman di provinsi utara dan timur laut dan menggunakan tempat-tempat itu sebagai pentas untuk menggulingkan pemerintah sekuler di Asia Tengah yang merupakan di antara tujuan dari kelompok-kelompok tersebut, tambahnya.

Hingga 6100 mujahidin asing aktif di Afghanistan, yang bermarkas terutama di provinsi-provinsi timur dan timur laut, utusan itu mengakui, mengatakan 2.000 dari mereka merupakan loyalis Islamic State (IS) yang menguasai petak besar di Irak dan Suriah. (st/kp)


latestnews

View Full Version