View Full Version
Kamis, 04 Aug 2016

Laporan: Zionis Israel Akan Bangun Dinding Beton di Sepanjang Perbatasan dengan Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Zionis Israel berencana membangun dinding beton besar di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza yang diblokade dengan tujuan yang dinyatakan menghancurkan terowongan lintas perbatasan yang digali oleh kelompok-kelompok perlawanan yang berbasis di Gaza, pers Israel melaporkan Rabu (3/8/2016).

Menurut harian Yedioth Ahronoth, Kementerian Pertahanan Zionis Israel baru-baru ini menerima tawaran dari 20 perusahaan konstruksi Israel untuk merencanakan dinding berlapis-lapis, yang akan diperpanjang baik ke atas dan ke bawah tanah.

Konstruksi diperkirakan dimulai pada Oktober dengan partisipasi dari empat perusahaan Israel, koran itu melaporkan.

Tahap pertama dari dinding tersebut akan membentang sepanjang 10 kilometer, yang secara bertahap akan diperluas menjadi total 60 kilometer, seluruhnya sekitar daerah kantong pesisir, menurut Yedioth Ahronoth.

Dinding penghalang ini bertujuan untuk mencegah terowongan yang berasal dari Gaza memasuki wilayah Israel, koran itu menambahkan, "yang memungkinkan tentara Israel untuk menghancurkan mereka sebelum mereka menjadi ancaman".

Sejak tahun 2007, jalur Gaza yang dikuasi Hamas telah berada di bawah blokade bersama Zionis Israel dan Mesir yang telah mencegah masuk bahan pokok, termasuk makanan, bahan bakar dan obat-obatan bagi hampir dua juta penduduk.

Meskipun dampak blokade ini menghancurkan kemanusiaan, masyarakat internasional - dengan beberapa pengecualian, termasuk Turki - telah diam-diam merestui embargo tersebut. (st/aa)


latestnews

View Full Version