View Full Version
Rabu, 17 Aug 2016

Umat Muslim Gugat Kota di AS karena Tolak Berikan Izin Pembangunan Masjid

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sekelompok Muslim AS menggugat sebuah kota di negara bagian Michigan Amerika Serikat karena menolak memberikan izin mereka untuk membangun masjid, setelah terungkap keputusan itu dipengaruhi oleh kekhawatiran atas terorisme.

Para pejabat di Sterling Heights dengan suara bulat memutuskan untuk menolak izin untuk proyek masjid tersebut tahun lalu, beralasan mereka takut peningkatan tajam arus lalu lintas jika masjid ini dibangun.

Namun, korespondensi email antara pejabat kota mengungkapkan bahwa dua warga telah menghubungi Walikota Michael Taylor dan perencana kota Donald Mende mendesak mereka untuk memeriksa para pemimpin komunitas Muslim di balik proyek tersebut untuk kemungkinan koneksi teror.

Para pejabat kota, termasuk kepala polisi, secara mengejutkan menuruti permintaan dua warga tersebut dan menghubungi FBI untuk memeriksa apakah tokoh masyarakat yang mengajukan permohonan izin bangunan berada "dalam radar mereka".

"Dengan anggota gaduh dan rasis dari Komisi Perencanaan memimpin tugas itu, Komisi Perencanaan memilih untuk menolak rencana (proyek) masjid tersebut," kata gugatan itu, yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Detroit, Rabu (17/8/2017).

"Dengan tidak ada pilihan lain, American Community Islamic Centre telah mengajukan gugatan ini mencari bantuan yang berkeadilan untuk membangun masjid dan meminta ganti rugi karena perilaku Kota Sterling Heights yang melanggar, antara lain, Pemanfaatan Lahan Agama dan Melembagakan Undang-undang Perorangan ... dan Amandemen pertama dan keempatbelas Konstitusi Amerika. "

Walikota Taylor membantah bahwa kepala polisi atau perencana kota telah melakukan kesalahan, namun mengakui bahwa pemohon yang ingin membangun rumah ibadah di Sterling Heights atau di mana saja di AS tidak harus menjalani pemeriksaan keamanan.

Mohammed Abdrabboh, seorang pengacara di tim hukum yang menggugat kota mengatakan: "Anda harus memiliki beberapa jenis bukti di bawah sistem peradilan pidana kita untuk menyelidiki seseorang."

"Sayangnya dalam iklim yang kita hadapi, orang membuang kata 'teroris' terhadap sekitarnya sangat longgar. Ini adalah kata paling jelek dalam leksikon bahasa Amerika saat ini. Ini menodai reputasi orang. Ia meninggalkan noda pada orang-orang yang tidak bersalah yang mereka kadang-kadang tidak pernah bisa melepaskan diri. "

Aktivis lokal Asha Noor sangat marah terkait terungkapnya email tersebut.

"Apakah itu terjadi terhadap gereja? Apakah itu terjadi terhadap sinagog? Apakah itu terjadi terhadap candi Budha dan Hindu?" dia mengatakan kepada  Arab American News.

"Itu keterlaluan. Ini jelas upaya kota untuk memastikan bahwa umat Islam tidak diberikan hak konstitusional mereka untuk berkumpul dan memiliki tempat ibadah."

Jaksa Barbara McQuade mengatakan pada hari Rabu: "Departemen Kehakiman dan Kantor Jaksa AS telah melakukan penyelidikan independen, dan investigasi yang sedang berlangsung." (st/tna)


latestnews

View Full Version