View Full Version
Kamis, 18 Aug 2016

Ribuan Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina Saat Pertandingan Lawan Klub Bola Israel

GLASGOW, SKOTLANDIA (voa-islam.com) - Ribuan pendukung klub sepak bola Glasgow Celtic melambaikan bendera Palestina saat pertandingan piala Eropa antara klub kebanggaan mereka melawan wakil Israel Hapoel Beer Sheva, meski telah dilarang oleh para pejabat dan mereka sepenuhnya sadar bisa ditangkap atas aksi tersebut, Middle East Eye malaporkan hari Kamis (18/2016).

Tuan rumah Celtic menjamu juara Israel di babak play-off pembukaan pertandingan Liga Champions hari Rabu di markas mereka di kota Glasgow.

Sebelum memulai pertandingan, para aktivis dari kelompok "Aliansi Palestina" membagikan bendera dan selebaran Nakba, atau Bencana, perang 1948 yang menyebabkan penciptaan negara Zionis Israel dan menyebabkan jutaan warga Palestina mengungsi.

Demonstrasi untuk Palestina diselenggarakan sepekan sebelumnya, menurut Jerusalem Post. Lebih dari 800 orang bergabung dengan kelompok Facebook yang berjudul "Kibarkan bendera Palestina, untuk Celtic, untuk Keadilan", dan pencipta kelompok tersebut menyerukan fans Celtic untuk mendukung gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS), mengatakan bahwa orang harus mengekspresikan "hak-hak demokratis mereka untuk menampilkan perlawanan kita terhadap apartheid Israel, pemukim kolonialisme, dan pembantaian yang tak terhitung jumlahnya dari rakyat Palestina".

Kelompok Facebook itu juga mengatakan bahwa UEFA, badan sepak bola pemerintahan Eropa, tidak harus mendukung Zionis Israel dan kebijakannya.

"Ketika seseorang yang mewakili lembaga negara Israel itu sayangnya tidak pernah hanya sebuah permainan; sepakbola, UEFA, dan Celtic FC digunakan untuk menutupi sifat sejati Israel dan memberikan negara nakal ini udara normalitas dan penerimaan itu tidak boleh dan tidak bisa dinikmati sampai impunitas mereka berakhir dan bertanggung jawab kepada hukum internasional dan menghadapi sanksi bagi jumlah rezolusi PBB yang tak terhitung jumlahnya yang negara itu telah langgar," kelompok itu terbaca.

Polisi Skotlandia mendesak para penggemar untuk tidak membawa bendera Palestina, mengancam mereka dengan penangkapan, Daily Record melaporkan.

Pertandingan Rabu bukan yang pertama di mana klub Celtic FC telah mengalami kontroversi atas bendera Palestina. Pada tahun 2014, UEFA mendenda klub itu lebih dari $ 18.000 karena melambaikan bendera Palestina selama pertandingan melawan klub Islandia KR Reykjavik. UEFA mengatakan pada saat denda itu diberlakukan karena bendera tersebut melanggar aturan mereka yang melarang ekspresi politik.

Pertandingan adalah pertandingan playoff internasional untuk kualifikasi untuk turnamen bergensi UEFA, Liga Champions, di mana klub-klun sepak bola top di Eropa bersaing. Celtic FC memenangkan pertandingan dengan skor 5-2.


latestnews

View Full Version