View Full Version
Senin, 29 Aug 2016

Serangan Bom Mobil Hancurkan Gedung Institut Kriminologi Brussels Belgia

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Sebuah ledakan bom mobil di Institut Kriminologi Brussels di pinggiran utara ibukota Belgia telah menyebabkan kerusakan berat pada bangunan.

Dua tersangka, mengemudi mobil, menabrak gerbang dan meledakkan bom di dekat laboratorium institut Senin (29/8/2016) pagi, lembaga penyiaran negara RTBF melaporkan.

Media setempat mengatakan tidak ada satu orang pun di gedung dan tidak ada yang terluka meskipun kerusakan yang signifikan dan kebakaran di situs laboratorium tersebut.

Seorang juru bicara kantor kejaksaan mengatakan ledakan itu sangat kuat yang menyebabkan jendela lab yang akan hancur beterbangan keluar puluhan meter.

Pejabat itu mengatakan ledakan itu memiliki "asal kriminal." Polisi mengepung lokasi untuk penyelidikan dan otoritas mendirikan "crisis center."

Lembaga kriminologi terletak di Neder-Over-Heembeek tersebut terkait dengan peradilan dan melakukan analisis forensik untuk kasus-kasus kriminal.

Belgia telah berada dalam siaga keamanan tinggi sejak tersebut Islamic State (IS) 22 Maret lalu di Brussels bandara dan kereta bawah tanah menewaskan 32 orang.

Islamic State yang telah melancarkan perang terutama di Irak dan Suriah, dikatakan memiliki sel-sel yang tersebar di seluruh dunia.

Para pelaku dalam pemboman Brussels bulan Maret merupakan anggota sel yang telah terlibat dalam serangan di Paris pada November 2015.

Pemboman tersebut adalah aksi paling mematikan dalam sejarah Belgia. Pemerintah Belgia menyatakan tiga hari berkabung nasional menyusul insiden tersebut.(st/ptv)


latestnews

View Full Version