View Full Version
Senin, 29 Aug 2016

Pasukan FSA Didukung Turki Rebut 8 Desa Lagi dari Komunis Kurdi Dekat Jarablus

JARABLUS, SURIAH (voa-islam.com) - Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menguasai lagi 8 desa dari milisi Komunis Kurdi di dekat kota perbatasan Jarabulus di Suriah utara, kantor berita Anadolu mengatakan hari Ahad (28/8/2016).

Pejuang FSA didukung oleh serangan udara dan artileri Turki mengambil 8 desa, termasuk desa strategis al-Amarneh, dari milisi PYD setelah pertempuran sengit yang menewaskan 15 gerilyawan, kata lembaga itu.

Kampanye 'Perisai Eufrat' menyaksikan militer Turki mendukung FSA dengan artileri, tank, kekuatan udara dan pasukan khusus dalam mengambil alih Jarabulus, yang terletak di sebelah barat sungai Eufrat dan sekitar satu kilometer (mil) di selatan perbatasan Turki. Pesawat dari koalisi anti-Islamic State (IS) juga mendukung operasi tersebut.

Sementara itu, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara Turki dan serangan artileri menewaskan sedikitnya 20 orang dan 50 lainnya terluka pada hari Ahad, hari kelima kampanye lintas-perbatasan Turki itu mengatakan target IS dan pasukan Komunis Kurdi.

Pesawat-pesawat tempur Turki menderu ke utara Suriah saat fajar dan artileri mereka menghantam apa sumber keamanan mengatakan lokasi-lokasi yang dukuasai oleh milisi YPG Kurdi, setelah Observatorium melaporkan bentrokan sengit pada malamnya di sekitar desa.

Daerah itu dikendalikan oleh milisi yang berafiliasi dengan pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Kurdi,  sebuah kelompok yang luas yang meliputi YPG.

Sumber-sumber keamanan Turki mengatakan pesawat-pesawat tempur dan artileri telah menghantam lokasi-lokasi milisi YPG Kurdi dekat Manbij, sebuah kota di selatan kota perbatasan Jarablus yang telah direbut oleh SDF bulan ini dalam operasi yang didukung AS. (st/zw)


latestnews

View Full Version