View Full Version
Selasa, 30 Aug 2016

Situs Mesin Pencari Milik Microsoft Samakan 'Daesh' dengan 'Arab Saudi'

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Situs mesin pencari Bing yang dioperasikan oleh Microsoft telah membuat marah pihak berwenang di Riyadh dengan menawarkan singkatan bahasa Arab untuk Islamic State (IS), Daesh, setara dengan "Arab Saudi" dalam bahasa Arab.

Selama akhir pekan, pengguna Arab Saudi menemukan bahwa setelah mereka mengetik kata "Daesh" ke dalam Bing Translator, yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan teknologi multinasional Amerika, Microsoft Corporation, kata-kata "Arab Saudi" akan muncul sebagai terjemahan bahasa Inggris di layar komputer mereka.

Hal ini kemudian memicu kemarahan dari para warga Saudi, dengan banyak orang di kerajaan kaya minyak itu menyerukan boikot dari layanan Bing dan perusahaan induknya, Microsoft.

"Tidak sengaja"

Microsoft Corporation kemudian mengeluarkan permintaan maaf resmi ke Arab Saudi, mengklaim kesalahan itu sebagai "tidak disengaja."

"Tim produk kami memperbaiki kesalahan dalam terjemahan otomatis dalam beberapa jam setelah mempelajari hal itu," kata seorang juru bicara Microsoft yang tidak disebutkan namanya. (st/ptv)


latestnews

View Full Version