View Full Version
Senin, 12 Sep 2016

Ahrar Al-Sham Tolak Kesepakatan Gencatan Senjata di Suriah

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Salah satu kelompok pejuang oposisi terbesar Suriah telah menolak kesepakatan gencatan senjata beberapa jam sebelum gencatan senjata mulai berlaku.

Ahrar al-Sham merilis pernyataan di YouTube menolak kesepakatan yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia, mengatakan gencatan senjata tersebut akan "memperkuat" rezim Suriah dan "meningkatkan penderitaan" warga sipil.

Ahrar al-Sham merupakan salah satu kekuatan oposisi terbesar di Aleppo dan kelompok pejuang oposisi pertama yang secara publik bereaksi terhadap kesepakatan Jum'at. Mereka diyakini dibagi antara pejuang yang bersimpati kepada Al-Qaidah dan faksi yang lebih moderat.

Oposisi politik Suriah telah mengatakan mereka akan menghormati kesepakatan tersebut.

Sejak beberapa pekan, daerah sipil oposisi di Aleppo dan wilayah lainnya yang mereka kendalikan telah dibombardir serampangan oleh Rusia dan rezim menggunakan bahkan bom terlarang, yang menyebabkan sejumlah mati.

"Orang-orang tidak bisa menerima setengah-solusi," Ali al-Omar, pemimpin kelompok itu mengatakan, sesaat sebelum awal Idul Adha.

"Kesepakatan Rusia-Amerika ... akan mengirim semua pengorbanan dan keuntungan dari orang-orang kami yang telah bangkit menjadi asap. Ini hanya akan berfungsi untuk memperkuat rezim dan mengepung revolusi militer."

Omar juga menolak tuntutan utama lain dalam kesepakatan bahwa kelompok oposisi harus memutuskan hubungan dengan Jabhat Fateh al-Sham - sebelumnya Jabhat Al-Nusrah. Meski secara terbukan menyatakan berpisah dari Al-Qaidah, kekuatan anti-rezim tersebut terus dituduh oleh Rusia dan AS masih memiliki kaitan dengan organisasi yang didirikan almarhum Syaikh Usamah Bin Ladin.

Seperti gencatan senjata main-main sebelumnya, Jabhat Fateh al-Sham tidak tercakup oleh kesepakatan itu, yang memungkinkan jet pembom rezim teroris Assad dan Rusia untuk menargetkan daerah-daerah di mana mereka beroperasi. Ini termasuk seluruh wilayah yang dikuasai oposisi, yang mengarah ke kekhawatiran bahwa pemboman warga sipil kota-kota seperti Aleppo dan Idlib akan terus berlanjut.

"Ini sederhana - kesepakatan Rusia-Amerika ini dimaksudkan untuk menghilangkan mereka yang melindungi Suriah," tulis juru bicara Jabhat Fateh al-Sham Mostafa Mahamed di Twitter.

"Negosiasi dan penawaran yang tidak memperhitungkan para pejuang di tanah adalah tidak berguna."

Setelah berpekan-pekan negosiasi AS dan Rusia - yang telah didukung Bashar al-Assad dengan serangan udara - menyetujui kesepakatan gencatan senjata pada hari Jumat

oposisi sebagian besar telah skeptis tentang langkah tersebut, yang mereka katakan mendukung rezim Suriah dan memungkinkan bagi Rusia untuk melanjutkan pemboman mereka terhadap Suriah.

Damaskus - bersama dengan sekutunya dari Syi'ah Iran dan Syi'ah Hizbullata - sepakat untuk gencatan senjata selama akhir pekan, namun demikian terus mengintensifkan pemboman atas daerah-daerah sipil oposisi dalam beberapa hari terakhir.

Awal tahun ini, kesepakatan gencatan senjata serupa rusak oleh rezim setelah kontingen bala bantuan baru mereka di Aleppo melancarkan serangan terhadap pasukan pejuang oposisi di sana.

Sekitar 93 persen kematian warga sipil di Suriah sendiri telah disebabkan oleh serangan udara rezim teroris Assad dan Rusia. (st/TNA)


latestnews

View Full Version