View Full Version
Rabu, 21 Sep 2016

Militer Nigeria Klaim Pasukan Multinasional Rebut Kembali Kota Malam Fatori dari Boko Haram

DANAU CHAD, NIGERIA (voa-islam.com) - Militer Nigeria, hari Rabu (21/9/2016) mengatakan, pasukan regional telah merebut kembali sebuah kota di tepi Danau Chad dari Boko Haram.

Juru bicara militer Sani Usman mengatakan pasukannya dan rekan-rekan dari Multi-National Joint Task Force (MNJTF) telah "merebut Malam Fatori ... setelah pertempuran sengit" yang didukung oleh dukungan udara.

Tapi "para teroris memperkuat di sekitar perbatasan dengan Niger ... sementara pasukan mengkonsolidasikan keberhasilan ini", tambahnya dalam sebuah pernyataan email.

Beberapa pejuang Boko Haram tewas, klaim Usman, tanpa menentukan jumlah.

Malam Fatori, di negara bagian Borno, dibebaskan pada Maret tahun lalu sebagai bagian dari serangan balik pasukan daerah terhadap Boko Haram, yang telah menangkap sejumlah bagian wilayah di timur laut Nigeria pada tahun 2014.

Tapi pejuang dari Boko Haram, yang berafiliasi dengan Islamic State (IS) dan sekarang menyebut dirinya Islamic State Provinsi Barat Afrika kembali kota setelah tentara meninggalkannya.

MNJTF terdiri dari tentara asal Nigeria, Kamerun, Chad, Niger dan Benin.

Negara bagian utara Borno, yang terletak di dekat perbatasan dengan Niger, tidak bisa diakses karena ketidakamanan, dengan Boko Haram didorong ke daerah di dan sekitar Danau Chad oleh serangan militer.

Ada peningkatan jumlah serangan di negara tenggara Niger dalam beberapa pekan terakhir, sebuah indikasi bahwa pejuang Boko Haram telah kembali berkelompok dan beralih fokus.

Boko Haram mengatakan para pejuangnya, yang dijuluki "kavaleri kekhalifahan", menyerang kekuatan regional dan menimbulkan korban jiwa yang besar di kalangan militer.

"Ofensif ini menyebabkan kematian lebih dari 40 tentara dan menyebabkan puluhan lainnya terluka," kata mereka dalam pernyataan yang dimuat di media sosial. (st/AFP)


latestnews

View Full Version