View Full Version
Kamis, 22 Sep 2016

Di Hadapan Tokoh Agama Dunia, Din Bacakan Ayat Al Quran

ASSISI (voa-islam.com)- Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin menghimbau kepada umat dunia agar dapat mewujudkan harmoni antar sesama. Di dalam agama Islam sendiri, yang telah diajarkan oleh Allah melalui rasul-Nya, Muhammad juga melakukan itu dengan menyebar perdamaian dan kasih sayang.

“Ini adalah tanggung jawab keagamaan yang sejatinya adalah untuk umat manusia dan kemanusiaan," katanya di hadapan ribuan hadirin termasuk Paus Fransiscus, saat berpidato mewakili Delegasi Muslim di acara Dialogue on Religion and Culture, Selasa (20/09/2016), di Assisi, Italia, seperti yang dikutip Republika.

Menurut alumni Pondok Modern Gontor, Ponorogo Jawa Timur ini, adalah sebuah cita-cita yang berharga tentang bagaimana mewujudkan harmonisasi antarumat beragama. Tak ada jalan lain, menurut Din, umat berbagai agama harus bersatu padu bahu membahu menanggulangi peradaban dunia yang rusak parah.

Din juga menegaskan tidak ada akar dalam agama-agama termasuk Islam bagi kekerasan.

Sebab itulah, Din mengimbau berbagai agama harus meniadakan segala bentuk kekerasan, baik fisik, verbal seperti sikap fobia terhadap pihak lain, kekerasan modal, maupun kekerasan negara.

Pada pengujung pidato, Din yang juga menjabat sebagai Direktur Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) ini mengutip Surah Ali Imran ayat ke-64, mengajak umat berbagai agama, khususnya Yahudi dan Kristen, berpegang teguh pada landasan tunggal yang sama (kalimatun sawa’) yaitu dengan mengabdi hanya kepada Tuhan yang esa dan bekerjasama untuk kemaslahatan dunia.

Din terpilih sebagai wakil Islam untuk menyampaikan sambutan dalam acara yang juga dihadiri oleh ratusan tokoh dari berbagai agama dunia, termasuk Wakil Syekh Al-Azhar Mesir, Sekjen Dewan Gereja se-Dunia, dan Patriach Gereja2 Ortodoks Kristen, serta tokoh-tokoh Buddha dan Hindu. (Robi/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version