View Full Version
Ahad, 25 Sep 2016

Laporan: Islamic State (IS) Berusaha Jatuhkan Jet Tempur Inggris dengan Senjata Canggih

MOSUL, IRAK (voa-islam.com) - Pejuang Islamic State (IS) telah berusaha untuk menembak jatuh pesawat RAF dengan rudal permukaan-ke-udara ketika jet tempur Inggris membombardir posisi mereka menjelang operasi militer penting di Mosul.

IS baru-baru ini menyatakan bertanggung jawab atas penembakan jatuh beberapa pesawat, termasuk sebuah jet tempur rezim Assad dan drone Amerika, namun upaya mereka terhadap pesawat Inggris sejauh ini tidak berhasil, kata The Independent dan dilansir Orient News hari Sabtu (24/9/2016).

Letnan Jenderal Mark Carleton-Smith, wakil kepala staf pertahanan, mengatakan peralatan pertahanan superior sedang digunakan oleh koalisi pimpinan AS di Irak dan Suriah.

"Ada laporan tentang kontak senjata - beberapa dari pesawat Inggris - tetapi tidak berdampak material sebagai hasil dari bantuan peralatan defensif yang mereka bawa dan taktik yang koalisi pekerjakan. Mereka mendeteksi rudal saat itu diluncurkan."

Ini merupakan pengakuan publik pertama tentang risiko yang ditimbulkan bagi pilot yang terbang dalam kampanye udara anti-Isis melanjutkan, dengan para jihadis diyakini telah melancarkan serangan sporadis terhadap RAF selama setahun terakhir.

Pada awal keterlibatan Inggris, IS diyakini hanya memiliki rudal yang diluncurkan dari bahu, type yang biasa digunakan oleh gerilyawan selama perang Irak.

Tetapi selama kemenangan mereka di sejumlah bagian Irak dan Suriah pada tahun 2014, IS memperoleh akses ke stok persenjataan canggih pemerintah, dan mungkin telah dibelikan atau telah disediakan dengan peningkat daya tembak oleh para pendukung.

Peluncur rudal Scud, MANPADS, SA-6 Gainfuls dan FIM-92 "Stingers" adalah salah satu senjata diyakini telah jatuh ke tangan jihadis, serta senjata anti-pesawat. (st/TNA)


latestnews

View Full Version