View Full Version
Senin, 26 Sep 2016

Pasukan Afghanistan Tewaskan Seorang Komandan Tingkat Atas Taliban Pakistan

PAKTIA, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pasukan keamanan Afghanistan telah membunuh salah satu komandan Taliban Pakistan tingkat atas bersama dengan setidaknya 10 pejuang lainnya di daerah sepanjang perbatasan keropos antara kedua negara, sumber-sumber pejuang Islam mengatakan.

Sumber di kelompok pejuang itu mengatakan pada hari Ahad (25/9/2016) bahwa Raees Khan, juga dikenal sebagai Azam Khan Tariq, komandan peringkat keempat di Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan rekan-rekannya gugur di daerah Laman provinsi Paktika, Afghanistan, yang dekat wilayah Waziristan Selatan Pakistan.

"Saya mengkonfirmasi pembunuhan Azam Tariq bersama dengan setidaknya 10 Taliban di Paktika provinsi Pakistan lainnya," AFP mengutip seorang komandan pejuang senior yang setia kepada Tariq mengatakan.

Tariq telah bertugas sebagai juru bicara mantan pemimpin TTP, Hakimullah Mehsud, yang gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan pada tahun 2013.

Pembunuhan terbaru dari seorang komandan Taliban tingkat atas datang sebagai Pakistan telah menuntut bahwa Kabul menyerahkan buronan Maulana Fazlullah, pemimpin Taliban Pakistan di lembah Swat yang bergolak, yang dikabarkan bersembunyi di Afghanistan timur.

Afghanistan dan Pakistan telah saling menyalahkan atas kekerasan Taliban yang mengganggu kedua negara.

Kedua negara telah saling menuduh mengizinkan mujahidin untuk berlindung di wilayah perbatasan dan melancarkan serangan berdarah yang mengancam stabilitas regional.

Ketegangan juga meningkat di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan dalam beberapa bulan terakhir.

Kabul menyalahkan unsur di dalam agen mata-mata Pakistan, Inter-Services Intelligence, untuk mendukung pejuang Taliban, sementara Islamabad menyalahkan pemerintah Afghanistan untuk memberikan perlindungan kepada para pejuang Islam pada sisi perbatasannya. (st/ptv)


latestnews

View Full Version