View Full Version
Kamis, 29 Sep 2016

Serangan Udara AS Tewaskan 22 Tentara Somalia yang Dikira Anggota Al-Shabaab

GALMUDUG, SOMALIA (voa-islam.com) -  Pasukan AS telah menewaskan 22 tentara Somalia dalam sebuah serangan udara salah sasaran di daerah utara negara itu.

Pada hari Rabu (28/9/2016), Menteri Keamanan negara bagian Galmudug Osman Issa mengumumkan bahwa para tentaranya tewas dalam serangan udara tersebut, menambahkan bahwa serangan itu diluncurkan atas permintaan dari daerah tetangga saingan dari Puntland dengan dalih bahwa target adalah pejuang Islam al-Shabab.

"Puntland memberikan Amerika Serikat informasi yang salah dan dengan demikian pasukan kami dibom," katanya.

Juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengklaim bahwa pasukan AS telah terlibat dalam "serangan udara pertahanan diri" setelah pasukan Somalia diserang oleh Al-Shabaab selama operasi untuk menghentikan jaringan itu merakit bom.

Dia menambahkan bahwa sembilan pejuang Al-Shabaab tewas dalam serangan itu, sambil mengingatkan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan laporan informasi palsu.

"Kami akan memeriksa laporan untuk melihat apakah mereka dapat dipercaya dan jika mereka terpercaya kami akan menyelidiki laporan-laporan itu," katanya.

Sebuah sumber polisi Puntland mengatakan kepada wartawan bahwa lebih dari selusin gerilyawan tewas dalam serangan itu.

Sementara itu, Al-Shabaab membantah ada korban jiwa dari pihak mereka, mengatakan bahwa tidak ada anggota mereka di wilayah tersebut pada saat serangan itu terjadi. (st/ptv)


latestnews

View Full Version