View Full Version
Senin, 24 Oct 2016

Militer Mesir Klaim Bunuh atau Lukai 140 Jihadis dalam Serangan Udara di Semenanjung Sinai

SINAI, MESIR (voa-islam.com) - Militer Mesir mengklaim membunuh 70 jihadis dan melukai 70 lainnya dalam serangan Angkatan Udara Mesir di Semenanjung Sinai yang bergolak di negara itu.

Pasukan keamanan Mesir mengklaim pada hari Ahad (23/10/2016) serangkaian serangan menjelang fajar oleh jet tempur Mesir menghantam posisi-posisi yang dikuasai oleh kelompok afiliasi Islamic State (IS) Wilayat Sinai di Desa Bolus, Semenanjung Sinai.

Beberapa kendaraan milik para jihadis juga hancur dalam serangan, yang di antara yang paling luas sejak angkatan bersenjata Mesir melancarkan operasi besar-besaran terhadap mujahidin di Sinai utara pada 2015, menyusul serangan terkoordinasi pada beberapa pos-pos pemeriksaan militer yang menewaskan 21 tentara pada bulan Juli tahun yang sama.

Sumber-sumber tersebut mengklaim bahwa pasukan Mesir juga menggagalkan plot pemboman jihadis setelah menemukan empat bom di pos komunikasi di wilayah itu.

Serangan Mesir datang satu hari setelah seorang perwira senior militer Mesir, yang basis operasi berada di Sinai, ditembak mati di pinggiran ibukota Kairo. Brigadir Jenderal Adel Raga'i, seorang komandan divisi lapis baja tentara Mesir, ditembak mati di dekat rumahnya pada hari Sabtu.

Kelompok Wilayat Sinai- sebelumnya dikenal sebagai Ansar Beit al-Maqdis - yang berjanji setia kepada Islamic State pada tahun 2014, telah bertanggung jawab untuk sebagian besar serangan di Semenanjung Sinai serta Kairo.

serangan tersebut telah meningkat sejak  penggulingan presiden pertama yang terpilih secara demokratis Mesir Muhammad Mursi oleh militer pada tahun 2013. Brigadir Jenderal Adel Raga'i adalah pejabat militer paling senior yang dibunuh sejak jatuhnya Mursi. (st/ptv)


latestnews

View Full Version