View Full Version
Rabu, 26 Oct 2016

Jenderal AS: Islamic State Fokus untuk Membangun Kekhalifahan di Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Islamic State (IS) yang berpusat di Irak dan Suriah berupaya untuk membangun kekhalifahan di Afghanistan, komandan tertinggi pasukan AS di Afghanistan mengatakan.

Jenderal John Nicholson yang juga komandan Misi Resolute Support yang dipimpin NATO di Afghanistan mengatakan sebagian besar pejuang IS di Afghanistan adalah orang asing.

"Saat ini kami melihat mereka sangat fokus pada mencoba untuk membangun kekhalifahan mereka, khalifah Khorasan, di Afghanistan," Jenderal Nicholson mengatakan kepada NBC News Selasa (25/10/2016).

Dia mengatakan tekanan itu adalah "secara prinsip sebuah gerakan non-Afghanistan", menambahkan bahwa AS telah melihat pejuang asing, khususnya pejuang Uzbek dari Gerakan Islam Uzbekistan, bergabung dengan Islamic State Khorasan, atau IS-K.

Jenderal Nicholson lebih lanjut menambahkan bahwa AS juga melihat banyak suku Pashtun Pakistan dari Taliban Pakistan yang bergabung dengan IS-K pindah ke Afghanistan untuk bertempur.

Jenderal Nicholson mengklaim, IS-K adalah "benar-benar ditolak oleh rakyat Afghanistan," dan menjelaskan bahwa filsafat IS secara luas adalah "antitesis dari budaya Afghanistan."

"Dengan mitra Afghanistan kami, kami sudah bisa mengurangi wilayah yang secara signifikan dan menimbulkan korban berat pada mereka termasuk membunuh pemimpin mereka," klaimnya.

Baik pasukan Afghanistan dan pasukan AS di Afghanistan sedang melakukan razia rutin terhadap pejuang Taliban dan loyalis IS di distrik-distrik di mana mereka melakukan kegiatan pemberontakan.

Pasukan AS meningkatkan serangan udara terhadap pejuang Taliban dan loyalis IS awal tahun ini setelah pemerintahan Obama diberikan peran yang lebih luas untuk pasukan Amerika. (st/kp)


latestnews

View Full Version