View Full Version
Rabu, 26 Oct 2016

Turki Peringatkan Akan Lakukan Serangan Darat di Irak Jika Mereka Terancam

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Ankara bisa meluncurkan operasi darat di Irak untuk menghilangkan setiap ancaman yang mungkin timbul untuk Turki.

"Jika ada ancaman ke Turki, kami siap untuk menggunakan semua sumber daya kami termasuk operasi darat ... untuk menghilangkan ancaman tersebut," kata Cavusoglu kepada Kanal 24 dan dikutip The Arab News hari Selasa (25/10/2016).

Cavusoglu menyebut ofensif Turki di Suriah sebagai contoh bagaimana mereka mengambil langkah keamanan secara serius.

Sejak bulan Agustus, Ankara telah mendukung pejuang oposisi Suriah dengan serangan artileri dan udara, untuk membersihkan pejuang Islamic State (IS) dan milisi Kurdi dari perbatasannya, dalam sebuah operasi yang dikenal sebagai Efrat Shield.

Turki memandang kehadiran pemberontak Komunis Kurdi yang mereka katakan terkait dengan organisasi teroris Komunis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di perbatasan sebagai ancaman terhadap keamanan.

PKK memiliki pangkalan di pegunungan Qandil di Irak utara yang militer Turki secara teratur bombardir dengan pesawat tempur mereka.

Turki juga telah tertarik untuk mengambil bagian dalam pertempuran di Mosul, meskipun Baghdad menolak tawaran itu.

"Jika ancaman kepada kami meningkatkan (di sana), kita bisa berurusan dengan mereka menggunakan hak kami di bawah hukum internasional dan kekuatan kita termasuk operasi darat," tambahnya.

Ankara juga mengatakan pekan ini sudah menghantam posisi-posisi IS dengan artileri di kamp Bashiqa di Irak utara. Tapi Baghdad menolak partisipasi Turki dalam operasi militer untuk merebut kembali kota utara Mosul. (sy/TNA)


latestnews

View Full Version