View Full Version
Sabtu, 03 Dec 2016

Hampir 2000 Pasukan Syi'ah Irak Tewas dalam Pertempuran Melawan IS di Mosul

IRBIL, KURDISTAN IRAK (voa-islam.com) - Sedikitnya 1.959 anggota pasukan keamanan Syi'ah Irak telah tewas sejak peluncuran operasi perebutan kota Mosul dari Islamic State (IS) pada 17 Oktober, menurut Misi Bantuan PBB untuk Irak (UNAMI).

"Jumlah warga sipil yang tewas pada bulan November adalah 926, dan jumlah warga sipil yang terluka adalah 930. Lima puluh dua warga sipil asing tewas dan 31 luka-luka pada bulan November," kata UNAMI.

"Sebanyak 1.959 anggota Pasukan Keamanan Irak tewas, termasuk polisi yang terlibat dalam fungsi tempur, Peshmerga, SWAT dan milisi yang berjuang bersama tentara Irak, tidak termasuk Operasi Anbar. Juga, 450 lainnya luka-luka, "kata organisasi PBB.

Menurut Wakil Khusus PBB Sekretaris Jenderal untuk Irak (SRSG), Ján Kubis, jumlah korban yang mengejutkan di Irak utara, dengan warga sipil akuntansi untuk sejumlah besar korban.

Mosul dianggap sebagai ibukota de facto untuk IS di Irak. Mereka mengambil alih kota ini pada bulan Juni 2014, dan segera setelah itu IS mengumumkan berdirinya Khilafah.

Pada tanggal 17 Oktober, 2016, Angkatan Darat Syi'ah Irak dan pasukan Peshmerga Kurdi yang didukung oleh milisi Syi'ah bayaran Iran meluncurkan pertempuran besar untuk merebut Mosul kota dan sekitarnya dari IS.

Didukung oleh perlindungan udara dari koalisi yang dipimpin AS, pasukan Syi'ah Irak mengklaim mengambil alih kota-kota besar di pedesaan Mosul dan merebut kembali beberapa lingkungan di kota-yang dianggap benteng utama IS di Irak. Bagaimanapun, kemajuan mereka berjalan lambat menyusul perlawanan balik keras dari IS termasuk dengan penggunaan ratusan pembom jibaku. (an/ARA)


latestnews

View Full Version