View Full Version
Jum'at, 30 Dec 2016

Abu Bakar Shekau Bantah Boko Haram Dikalahkan dari Benteng Hutan Sambisa

BORNO, NIGERIA (voa-islam.com) - Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau telah muncul kembali dalam sebuah video baru untuk membantah klaim oleh presiden dan tentara Nigeria bahwa kelompok bersenjata itu telah digusur dari benteng terakhir mereka di Hutan Sambisa.

Shekau terakhir muncul dalam sebuah video pada bulan September di mana ia membantah klaim oleh militer Nigeria bahwa ia telah terluka dalam pertempuran.

"Kami aman," katanya dalam video 25 menit, diapit oleh pejuang bersenjata bertopeng, yang muncul pada hari Kamis (29/12/2016).

"Kami belum didorong keluar dari mana saja. Dan taktik dan strategi tidak dapat mengungkapkan lokasi kami kecuali jika Allah menghendaki dengan  Keputusan-Nya."

Mengacu Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, yang mengatakan pada malam Natal bahwa Boko Haram telah dikalahkan dan diusir dari hutan Sambisa, benteng terakhir yang diketahui nya, Shekaku mengatakan: "Anda tidak seharusnya berbohong kepada orang-orang.

"Jika Anda memang menghancurkan kami, bagaimana Anda bisa melihat saya seperti ini? Berapa kali Anda membunuh kami dalam kematian palsu Anda?"

Tidak segera jelas di mana video baru itu dimabil, tapi Shekau, yang berbicara dalam bahasa Hausa dan Arab, mengatakan video itu difilmkan pada Hari Natal.

Dia berjanji untuk terus berjuang sampai negara Islam diberlakukan di Nigeria utara.

"Tujuan kami adalah untuk membangun Khilafah Islam dan kami memiliki Khilafah kita sendiri, kita bukan bagian dari Nigeria," katanya.

Sebelumnya Buhari telah mengumumkan bahwa kampanye militer berkelanjutan di Hutan Sambisa yang memilili luas 1300 km di negara bagian timur laut Borno telah menyebabkan "penghancuraan terakhir dari teroris Boko Haram di kantong terakhir mereka di Hutan Sambisa". (st/AJE)


latestnews

View Full Version