View Full Version
Jum'at, 13 Jan 2017

Benterokan Sengit Pecah Dekat Selat Bab Al-Mandab Tewaskan 11 Pemberontak Syi'ah Yaman

BAB AL-MANDAB, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah yang didukung milisi yang setia kepada presiden Yaman Abdu Rabbu Mansour Hadi dilaporkan terlibat dalam pertempuran sengit dengan pemberontak Syi'ah Houtsi di dekat strategis Bab al-Mandeb Selat di bagian selatan negara Semenanjung Arab tersebut.

Bentrokan pecah pada hari Jum'at setelah tentara Yaman dan milisi pro-pemerintah, didukung oleh pesawat militer Riyadh, merebut wilayah al-Zabab di Yaman selatan dan ketinggian menghadap pangkalan militer al-Amri di daerah, Yaman 24 melaporkan.

Menurut sumber pasukan pro pemerintah sah Yaman, 11 pemberontak Syi'ah Houtsi mati dan delapan anggota milisi yang setia kepada pemerintah Yaman pimpinan Abdu Rabbu Mansour Hadi juga meninggal dalam pertempuran.

Sumber tersebut mengatakan milisi pro-Hadi yang didukung Saudi kini maju ke arah daerah dekat Laut Merah kota pelabuhan Mokha.

Selat Bab al-Mandab adalah jalur air sempit yang memisahkan Semenanjung Arab dari Tanduk Afrika dan menghubungkan Laut Merah ke Teluk Aden dan Samudera Hindia.

Ini adalah saluran strategis untuk lepayaran perdagangan, dengan perkiraan 4 persen dari pasokan minyak dunia melewati itu.

Perkembangan ini datang ketika jet tempur Saudi terus melanjutkan serangan udara mematikan mereka terhadap sasaran pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran di Yaman.

Pada dini hari Jumat, sedikitnya 17 orang tewas dan 13 lainnya terluka setelah pesawat-pesawat tempur Riyadh menyerang provinsi Taiz di barat daya Yaman. (st/ptv)


latestnews

View Full Version