View Full Version
Rabu, 18 Jan 2017

Kelompok Fatah dan Hamas Sepakat Bentuk Pemerintah Persatuan Palestina

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Otoritas Palestina (PA) yang didominasi faksi Fatah telah setuju untuk membentuk pemerintah persatuan dengan organisasi saingan Hamas, Al Jazeera telah melaporkan.

Kesepakatan itu dicapai pada Selasa (17/1/2017) setelah negosiasi tiga hari di ibukota Rusia Moskow.

Kedua organisasi akan membentuk Dewan Nasional yang baru, yang akan mencakup warga Palestina di pengasingan, dan mengadakan pemilihan.

"Hari ini kondisi untuk (inisiatif tersebut) lebih baik dari sebelumnya," kata Azzam al-Ahmad, kata seorang pejabat senior Fatah.

Kesepakatan itu juga termasuk kelompok Jihad Islam, yang tidak terlibat dalam negosiasi untuk waktu yang lama.

Faksi Fatah pimpinan Mahmoud Abbas yang juga menjabat sebagai pemimpin Otoritas Palestina dan Hamas telah berselisih sejak Hamas merebut Gaza dalam perang di tahun 2007, setelah memenangkan pemilu legislatif 2006.

Tahun lalu pemerintah Palestina menunda pemilihan pertama kota di Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza dalam 10 tahun setelah pengadilan tinggi memutuskan mereka harus diadakan hanya di Tepi Barat yang dijalankan Fatah.

Terakhir kali rakyat Palestina menggelar pemilu dimana Hamas dan Fatah mengambil bagian pada tahun 2006.

Para wakil Palestina juga bertemu pada hari Senin dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dan memintanya untuk mencegah Presiden AS yang akan datang, Donald Trump dari melaksanakan janji kampanyenya untuk memindahkan kedutaan besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. (st/AJE)


latestnews

View Full Version