View Full Version
Rabu, 18 Jan 2017

Dokter Pakistan yang Bantu AS Temukan Syaikh Usamah Tidak Akan Dibebaskan dari Penjara

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Seorang dokter Pakistan yang 'direkrut oleh CIA' untuk membantu menemukan Syaikh Usama bin Ladin  tidak akan dibebaskan dari penjara atau diserahkan ke Amerika Serikat, menteri hukum Pakistan mengatakan kepada para legislator.

Dr Shakil Afridi ditangkap setelah pasukan AS membunuh Syaikh Usamah bin Ladin bulan Mei 2011 dalam sebuah penggerebekan rahasia di sebuah kota utara Pakistan. Ia menjalankan kampanye vaksinasi palsu di mana ia mengumpulkan sampel DNA untuk membantu CIA mengkonfirmasi identitas Syaikh Usamah.

Senat Pakistan diberitahu pada hari Selasa (17/1/2017) bahwa meskipun Afridi adalah pahlawan bagi AS, ia adalah pelaku kejahatan untuk Pakistan.

Pada tahun 2012, Afridi divonis 33 tahun penjara setelah terbukti menjadi anggota kelompok militan Lashkar-e-Islam. Vonis itu dibatalkan pada 2013, tapi Afridi kemudian didakwa dengan pembunuhan, yang berkaitan dengan kematian seorang pasien delapan tahun sebelumnya. Dia tetap di penjara menunggu sidang.

"Afridi bekerja melawan hukum dan kepentingan nasional kita, dan pemerintah Pakistan telah berulang kali mengatakan kepada Amerika Serikat bahwa di bawah hukum kami ia melakukan kejahatan dan menghadapi hukum," surat kabar Daily Times mengutip Menteri Hukum Zahid Hamid. (st/TNA)


latestnews

View Full Version