View Full Version
Ahad, 22 Jan 2017

Denmark Akan Kirim 60 Pasukan Khusus ke Suriah untuk Perangi Islamic State (IS)

KOPENHAGEN, DENMARK (voa-islam.com) - Anggota NATO Denmark akan mengerahkan pasukan khusus mereka ke Suriah untuk melawan Islamic State (IS), dalam perluasan perannya dalam operasi "Inherent Resolve" pimpinan AS terhadap IS di mana mereka sudah memiliki pasukan darat yang beroperasi di Irak.

"Berdasarkan pendekatan konkret dari koalisi, pemerintah telah memutuskan untuk memperluas tugas dari pasukan khusus kita di Irak dan Suriah, "kata Menteri Luar Negeri Anders Samuelsen, Zaman Al-Wasl melansir Sabtu (21/1/2017).

Denmark pada April tahun lalu setuju untuk mengirim pasukan, termasuk pasukan khusus, ke wilayah Suriah.

Mereka telah beroperas dari pangkalan udara Al-Assad di Iraq. Pada saat itu pemerintah Denmark gagal mendapatkan kesepakatan politik bagi pasukannya untuk beroperasi di dalam wilayah Suriah, tetapi pada saat ini parlemen memberikan dukungan untuk penyebaran 60 pasukan khusus di sana.

"Aku senang bahwa mayoritas di parlemen mendukung ini, "kata Samuelsen, menambahkan bahwa tentara Denmark akan beroperasi di daerah perbatasan dengan Irak.

Selain itu, Denmark mengatakan akan mengoperasikan sebuah fregat bersama-sama dengan kapal induk AS dari Februari sampai Mei.

Bulana lalu, Denmark mengatakan tidak akan memperpanjang operasi militer tujuh jet tempur F-16 di Suriah dan Irak setelah enam bulan beraksi.

Saat ini nbberapa ratus pasukan khusus Amerika telah mendukung militan yang dipimpin Kurdi dari Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang berusaha untuk mendorong kembali Islamic State di Suriah utara.

Selain AS, Prancis juga mengatakan pada Juni bahwa pasukan khusus mereka memberikan nasihat pada pasukan SDF di wilayah yang sama. (st/zw)


latestnews

View Full Version