View Full Version
Rabu, 22 Feb 2017

Arab Saudi Siap Kirim Pasukan Khusus ke Suriah untuk Bantu Amerika Perangi Islamic State (IS)

JEDDAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi mengatakan siap untuk mendukung Amerika Serikat dalam perang yang disebut melawan Islamic State (IS) di Suriah dengan mengirimkan pasukan darat dan pasukan khusus ke negara Arab yang dilanda perang tersebut.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir membuat pernyataan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung diterbitkan pada hari Senin (21/2/2017), menambahkan bahwa ada konsultasi dengan Amerika untuk "mencari tahu apa rencana tersebut dan apa yang Anda butuhkan untuk menerapkannya."

Dia juga menyatakan bahwa bersama dengan Riyadh, "negara-negara" Arab Teluk Persia Arab "siap mengirimkan pasukan untuk bertempur di pihak AS," tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang inisiatif militer potensial tersebut.

Sejak 2014, Amerika Serikat telah memimpin sebuah kampanye di Suriah dan negara tetangga Irak dengan tujuan yang dinyatakan memukul Islamic State.

Di tempat lain dalam sambutannya, menteri luar negeri Saudi itu mengatakan "Ide utama adalah bahwa" wilayah yang dibebaskan dari cengkeraman IS harus diserahkan kepada kelompok oposisi sekuler Suriah yang didukung asing untuk mencegah gerakan militan Syi'ah Hizbullata Libanon, Syi'ah Iran dan pemerintah Suriah merebut kendali dari mereka.

Jubeir juga menegaskan kembali sikap Riyadh mengenai Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengatakan ia harus mundur, mengklaim bahwa pembicaraan damai Jenewa mendatang adalah untuk mengatur transisi politik untuk pembentukan sebuah "Suriah baru tanpa Assad."

Sebuah putaran baru dari perundingan yang dipimpin PBB dijadwalkan akan diselenggarakan di Jenewa, Swiss, pada hari Kamis, yang melibatkan pemerintah Suriah dan perwakilan dari kelompok-kelompok oposisi bersenjata sekuler. (st/ptv)


latestnews

View Full Version